Media Terverifikasi Dewan Pers
Beli Tema IniIndeks
banner 728x250
Uncategorized  

Ketua KPU HSU: 50 Anggota PPK Harus Jaga Integritas

banner 120x600
banner 468x60

Prosesi pelantikan 50 anggota PPK Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di HSU dipimpin Ketua KPU. (foto: ist)

AMUNTAI Sebanyak 50 orang anggota PPK dikukuhkan langsung oleh ketua KPUD Hulu Sungai Utara disaksikan Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc, Ketua Bawaslu HSU, Komisioner KPUD, perwakilan forkopimda dan camat se-HSU.

banner 325x300

Pengambilan Sumpah Pelantikan dan Pembekalan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Hulu Sungai Utara dilaksanakan di Gedung Agung Lantai 2 Setda HSU belum lama tadi.

Ketua KPUD HSU Rina Mey Saputri dalam sambutannya mengatakan Anggota PPK yang dilantik merupakan hasil seleksi dari tanggal 18-24 Jan yang mana lulus 272 orang melewati seleksi tertulis, selanjutnya disaring lagi menjadi 100 orang, dan akhirnya ditetapkan masing-masing kecamatan 5 orang yang dilantik langsung oleh KPUD HSU dilantik. Anggota PPK yang dilantik nantinya akan diberikan pembekalan.

“Anggota PPK yang lulus merupakan orang-orang pilihan yg terbaik, setelah ini kewajiban sudah dipundak dan diharapkan selalu menjaga integritas karena itu harga mati” ujar Rina.

Rina menegaskan jangan coba-coba berbuat kecurangan, atau membantu orang lain berbuat kecurangan, bila ketahuan dan terbukti tidak pihak KPUD tidak segan-segan melaporkan ke pihak berwajib dan akan diproses karena pelanggaran kode etik dari KPU, mohon ini jadi perhatian.

Di kesempatan yang sama Wabup HSU H. Husairi Abdi, Lc mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya anggota PPK dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2020. “Semoga bisa melaksanakan tugas dan amanah sebaik-baiknya atas dasar tanggungjawab terhadap masyarakat, atasan dan negara kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Menurut UU No.18 tahun 1945 mengamanatkan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, anggota legislatif serta kepala desa dipilih secara demokrasi. Pesta demokrasi yang akan digelar pada 23 September 2020 merupakan acara penting dalam rangka menentukan arah pemerintahan Kalsel kedepan yang lebih baik, kiat-kiat persiapan sudah terlihat dari sekarang, untuk itu semua pihak mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 ini, semoga Pilkada Kalsel khususnya di HSU bisa damai jujur dan adil.

“Alhamdulillah beberapa kali pilpres, pilkada ataupun pemilihan legislatif terlaksana lancar di HSU, semua itu tak mungkin tanpa kerja keras seluruh komponen masyakarat dan anggota KPU, anggota PPK, Bawaslu dan anggota KPPS yang bekerja keras saat pemilihan hingga penghitungan hasil suara” ujar Husairi

Oleh karena itu bagi anggota PPK yang baru dilantik Wabup Husairi berpesan agar selalu menjalin komunikasi dan berkonsultasi, baik dengan masyarakat, pemerintah, maupun anggota PPK yang agar keberhasilan Pilkada tahun ini bisa dipertahankan, oleh karena itu anggota PPK harus bekerja keras dan mengantisipasi permasalahan yg sekecil-kecilnya.

“Ada beberapa hal penting yang harus diingat anggota PPK, anggota PPK harus paham tugas pokok dan fungsi. Memahami peraturan dalam pemilu baik peraturan Perundang-undangan ataupun peraturan dari KPU. Anggota PPK harus netral, dan anggota PPK harus aktif menjalin koordinasi dengan seluruh komponen masyarakat,” terang Husairi.

Wabup Husairi berharap semoga pilkada 2020 di Kalsel khususnya di HSU dapat terlaksana dengan damai aman dan sejuk. rel/mar

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.