KRPH Tanjung Lakukan Pembinaan Budidaya Pohon Aren di Riam Pinang

  • Whatsapp

Banjarbaru – Potensi pohon aren memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tapi sayangnya sebagian petani di Kalsel belum maksimal mengembagkannya. Atas dasar itu, Resort Pengelola Hutan Tanjung Bersama Resort Tanjung Bajuin Tanah Laut, penyuluh kehutanan, TKPH dan Tim Media Info meluncur menuju Desa Tanjung.

Tujuannya? Di Dusun Riam Pinang, KRPH Tanjung Adi Purboyo ingin melakukan pertemuan dengan para petani di Rumah Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PSKM) guna menyampaikan potensi hasil hutan bukan kayu (HHBK).

“Kami bersama penyuluh kehutanan hari ini rencana menggali potensi HHBK yang ada di Dusun Riam Pinang,” ujar Adi Purboyo.

Nurkholiq, PSKM Desa Tanjung menuturkan untuk potensi ada di kawasan ini. Di Riam Pinang  banyak pohon aren namun untuk menjadikan HHBK, salah satu kelompok tani hutan sangat minim pengalaman.

“Bagaimana kalau kita langsung ke lokasi yang banyak terdapat pohon aren. Lokasinya dekat aja pak,” ajak Yudha begitu biasa Nurkholiq disapa.

Tidak menunggu lama,  dipimpin langsung oleh KRPH dan tim meluncur ke lokasi. Ternyata memang benar, di sana banyak ditemui pohon aren.

Di lokasi sudah ada Ketua Kelompok Tani Hutan Tanjung Manggala, Tabarani. Ia mengungkapkan di sini memang banyak terdapat pohon aren dan sebagian sudah berbuah dan berbunga.

Ia menjelaskan saat ini mereka sedang memproduksi gula aren, namun hasilnya masih belum maksimal. “Jadi ini perlu adanya pembinaan dan pelatihan,” tandasnya. rel/wrt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *