Cek Fakta : Singapura dan Malaysia Akan Menyiram Racun Pembasmi Covid-19 Melalui Udara

  • Whatsapp

#HOAX#

Batam, Infobanua.co.id– Kabar tentang Singapura dan Malaysia yang akan disterilisasi karena ada penyemprotan disinfektan melalui udara beredar di media sosial. Kabar ini tersebar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp berikut voice note seorang pria berdialek Melayu khas Singapura, pada Sabtu (21/3/2020).

Berikut narasi yang viral di Whatsapp :

Khusus Batam dan sekitarnya… Mohon jangan keluar diatas jam 11 malam ini.Karena Singapura dan Malaysia mau menyiram racun pembasmi C-19(Corona)

Dan kalau besok pagi ada hujan… Jangan terkena air hujan… Karena masih ada kandungan racun

Ada pakaian atau barang penting diluar rumah… Silahkan dimasukkan kedalam rumah.

Viral Pesan Berantai

PENELUSURAN FAKTA

Cek fakta Batam Anti Hoax (Bantax) menelusuri kabar tentang sterilisasi ini. Penelusuran dilakukan dengan cara mengunjungi akun media sosial resmi Pemerintah Malaysia.

Dikutip di laman Instagram Angkatan Tentera Malaysia, kabar hoax ini ternyata sudah tersebar 2 hari yang lalu di Malaysia.

Berikut pernyataan yang dibagikan akun tersebut:

KUALA LUMPUR, 19 Mac 2020 – Panglima Angkatan Tentera, Jeneral Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM dengan ini menegaskan bahawa berita yang sedang tular berkaitan “helikopter tentera khas akan menyembur racun perosak terhadap virus Corona di langit seluruh negara…’”, (serta dalam versi Bahasa Inggeris) adalah

Singapura dan Malaysia adalah Tidak Benar.

Penulis: Gusty Bebi Daga, S.IP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *