Bertambahnya Positif Covid-19, Sugianto Sabran Menetapkan Palangkaraya Sebagai Zona Merah

  • Whatsapp

Palangkaraya, infobanua.co.id – Dalam konferensi pers Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran didampingi oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penganan COVID-19 Kalteng, Leonard S. Ampung dan Wakil Ketua Gugus Tugas, Suyuti Syamsul, menyampaikan perkembangan terbaru penanganan COVID-19 hingga hari ini, Selasa (24/03/2020) di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur.

Gubernur Sugianto Sabran mengatakan, Jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) saat ini sebanyak 236 orang, ODP terbanyak ada di Kota Palangka Raya sebanyak 75 orang. Jumlah pasien Dalam Pengawasan (PDP) total kasus sebanyak 48 orang dengan progress : hasil negative COVID-19 sebanyak 21 orang, hasil positif COVID-19 sebanyak 3 orang (bertambah 1 orang dari sebelumnya 2 orang) dan 24 orang masih menunggu hasil laboratorium.

Terjadi penambahan jumlah PDP sebanyak 9 orang dari hari sebelumnya, berasal dari Kota Palangka Raya 6 orang, Sukamara, Kapuas dan Murung Raya masing-masing 1 orang, lanjutnya.

Sugianto Sabran menambahkan, Distribusi PDP yang masih mendapatkan perawatan menurut Kabupaten/ kota, di RSUD Doris Sylvanus sebanyak 37 orang, RSUD Sultan Imanuddin 8 orang, RSUD Sukamara 1 orang (diisolasi), RS H. Soemarmo Kapuas 1 orang (meninggal dan belum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut) dan RSUD Jaraga Sasameh Barito Selatan 1 orang (diisolasi) sedangkan PDP Berasal dari Kabupaten/ Kota, Palangka Raya 32 orang, Kotawaringin Barat 6 orang, Sukamara 2 orang, Lamandau 1 orang, Seruyan 1, Barito Selatan 2 orang, Barito Utara 2 orang, Kapuas 1 orang, dan Murung Raya 1 orang.

Jumlah ruang isolasi, RSUD Doris Sylvanus terdapat 5 ruangan (32 bed), RSUD Sultan Imanuddin 16 ruangan (19 bed) dan RSUD dr. Murjani 4 ruangan (16 bed). Sementara kondisi PDP suspek COVID-19 yang sedang dalam perawatan di RSUD Sultan Imanuddin dan RSUD Doris Sylvanus kondisinya sampai saat ini masih di stabilkan, ujarnya.

Distribusi Alat Pelindung Diri (APD) berupa VTM sebanyak 17 pcs untuk RSUD Doris Sylvanus dan 10 pcs untuk RSUD Sultan Imanuddin. Penyemprotan desinfektan hari ini dilakukan di Kantor PUPR Prov. Kalteng dan promosi kesehatan seputar COVID-19 terus dilaksanakan di Provinsi, 13 Kabupaten dan Kota Palangka Raya,imbuh orang nomer satu di Bumi Tambun Bungai.

Sebelum mengakhiri konferensi pers Gubernur telah Menanggapi bertambahnya jumlah PDP positif menjadi 3 orang per hari ini masing-masing usia 55 tahun, 27 tahun dan 12 tahun, Saya selaku Gubernur kalteng meminta dan menegaskan untuk tidak mengabaikan zona merah yang telah ditetapkan untuk Palangka Raya.

“Jangan abaikan himbauan yang diberikan oleh pemerintah. Saya mengingatkan jangan sampai setelah kejadian kita menyesal karena pemerintah sudah memberikan yang terbaik,” Tegas Gubernur. ( DS )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *