Akses Jalan terbuka, Berkat TMMD Reguler Ke 107

  • Whatsapp

Infobanua.co.id – Dengan dibangunnya jalan sepanjang 1.200 meter oleh Kodim 1207/BS (Berdiri Sendiri), melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107, membuat senang masyarakat petani khususnya di Dusun Perindung RT 23 dan sekitarnya yang berada di Desa Pal Sembilan, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

“Jalan ini merupakan satu-satunya jalan transportasi kami untuk mengangkut hasil panen, seperti saya empat bulan sekali harus melalui jalan ini untuk mengangkut hasil panen padi untuk dijual ke pihak agen yang berada di Sungai Kakap yang berjarak kurang lebih 10 Kilometer, beruntung jalan ini dibangun oleh TNI melalui TMMD dan kami bisa dengan mudah mengangkut dan menjual hasil panen padi kami,” kata Rustam, Minggu, (29/03).

Dikatakannya, untuk mengangkut hasil panen padi, dirinya harus mengupah orang melalui parit, sedang jalan yang saat ini di bangun melalui program TMMD, sebelumnya sangat sulit dilalui. Dengan kondisi jalan merupakan tanah gambut yang sangat licin dan tidak ada jembatan, apa lagi saat hujan turun.

“Jalan ini memang sejak dulu belum pernah dibangun oleh pemerintah, jalan yang ada saat ini dibangun oleh masyarakat secara swadaya, kemudian oleh pemerintah Desa, jalan ini dibangun melalui ADD, tetapi secara bertahap, paling sekitar 100 meter per tahun anggaran,” katanya.

Dari pembangunan ADD itu lanjutnya, masih ada jalan yang belum pernah dibangun yakni sepanjang 1.200 meter yang saat ini di kerjakan Kodim 1207/BS melalui program TMMD, makanya masyarakat sangat riang gembira dengan dibangunnya jalan tersebut”.

“Karena tidak hanya untuk mengangkut dan menjual hasil panen, jalan ini juga menjadi lintas terdekat bagi anak-anak menuju ke sekolah yang berada di Sungai Kakap,” paparnya.

Dari hasil pantauan di lokasi TMMD, selain masyarakat petani padi, juga ada petani buah kelapa, pisang, buah pinang dan tebu, menurut Rustam, mayoritas masyarakat di desa itu mata pencariannya sebagai petani.

“Dengan adanya pembangunan jalan maka kami berharap perekonomian kami dapat lebih meningkat lagi, seperti saya setiap empat bulan bisa panen padi gabah sekitar 2 hingga 3 Ton padi, dengan sudah dibangunnya jalan ini pembeli bisa langsung datang dan kami bisa mengirit biaya angkut yang biasa kami keluarkan, terima kasih pak TNI,” pungkasnya. (jon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *