Kapolsek Tembilahan Hulu,Sosialisasikan Bahaya Karhutla Di Desa Sungai Intan

0
11 views

Inhil – Kapolsek tembilahan hulu AKP Rhino Handoyo, S.H
bersama personil polsek tembilahan hulu melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya karhutla di desa sungai intan (20/3/2020)selasa.

Kedatangan Kapolsek tembilahan hulu dan personil disambut hangat oleh kepala desa sungai Intan Ahmad Efendi, S.Pdi bersama perangkat desa, relawan karhutla dan masyarakat peduli api ( MPA )desa sungai Intan.

Dalam Kegiatan Koordinasi tersebut, Kapolsek tembilahan hulu AKP Rhino Handoyo, S.H menyampaikan beberapa poin-poin penting yang harus dilaksanakan dalam hal penanganan Karhutla, diantaranya yaitu :

Kapolsek tembilahan hulu menghimbau kepada kepala desa sungai intan dan masyarakat agar dapat berpartisipasi menyediakan perlengkapan pemadaman jika terjadi karhutla.

Yang harus di sediakan antara lain mesin air, selang-selang, sepatu boot dan lain- lain disamping kesiapan Keselamatan pribadi, setiap perangkat desa,relawan karhutla, masyarakat peduli api (MPA) juga harus memperhatikan standar yang disarankan yang tidak membahayakan keselamatan pribadi personil dalam menjalankan tugas di lapangan ujar Kapolsek ketika di konfirmasi awak media (10/3/2020) selasa.

Kapolsek juga menyampaikan sistem pelaporan, untuk memudahkan relawan karhutla maupun MPA yang memiliki HP android, namun belum memikiki User name aplikasi lancang kuning, agar di daftarkan nama-nama nya melalui bhabinkamtibmas.agar didaftarkan dan diteruskan kepada operator aplikasi Lancang kuning polsek tembilahan hulu.

Kapolsek juga menyampaikan semua perangkat desa,relawan karhutla dan MPA jika kapan saja terjadi Karhutla, dengan harapan dengan adanya kerja ikhlas dapat dipikirkan oleh negara dan diberikan -reward atau penghargaan kepada para relawan dan MPA.

Strategi dan pola pemadaman jika terjadi karhutla yang diharapkan bisa menggunakan
mesin mini striker, sebab lebih praktis dan memudahkan regu pemadam jika terjadi Karhutla ungkap kapolsek.

Kapolsek juga memberikan semangat kepada kepala desa, unsur perangkat desa, relawan karhutla maupun MPA. sebab, kapolsek tembilahan hulu mengatakan bahwa mencari orang yang benar-benar ikhlas menjadi relawan Karhutla sangatlah sulit.

Kapolsek menghimbau kepada warga sungai intan
agar jangan melakukan pembakaran lahan , kalau sudah diingatkan. Jangan disalahkan lagi jika dilakukan tindakan refresif.jika memang harus membakar, harus bijaklah melihat kondisi, kalau memang mengharuskan membakar sampah-sampah agar di jaga maksimal dan diberikan alas agar api tidak meluas.

Mari bersama-sama untuk mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan Kalau perlu sampai ke tingkat RT ada relawan karhutla, semakin banyak relawan semakin mudah dalam penanganan Karhutla pungkas Kapolsek.

Di tempat yang sama kanit reskrim polsek tembilahan hulu IPDA Andrianto, SH mengatakan yang diberikan berkaitan dengan pemaksimalan penanganan Karhutla, agar bhabinkamtibmas desa sungai Intan memberikan pemahaman lebih dalam lagi dalam penggunaan aplikasi lancang kuning melalui kegiatan bimtek dengan menggunkan slide power point di tingkat desa sungai Intan.

Sehingga jika ada relawan karhutla maupun MPA yang belum paham, bisa mengerti baik secara teori maupun praktek penggunaan aplikasi lancang kuning.kemudian selanjutnya, agar bhabinkamtibmas membuat group whatsapp yang beranggotakan relawan karhutla dan MPA sehingga memudahkan dalam hal Koordinasi di lapangan pungkas Andrianto.

Di akhir kegiatan, kapolsek tembilahan hulu AKP Rhino Handoyo, S.H mempersilahkan kepada relawan karhutla dan MPA untuk membuka sesi tanya jawab terkait penggunaan aplikasi lancang kuning.

Sandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.