Makin Muda, Pendaftaran Pelayanan Kesehatan di Faskes Lewat Mobile JKN!

0
16 views

Banjarmasin – Kemajuan teknologi yang sangatlah pesat di zaman ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mempermudah setiap orang menjalankan aktivitasnya. Berbagai macam inovasi dikeluarkan agar beberapa rutinitas sehari-hari bisa disimplifikasi secara digitalisasi. Salah satu bentuk kemudahan digitalisasi tersebut yakni dengan adanya antrian elektronik bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Antrian elektronik ini akan menghubungkan sistem layanan antrian yang ada di fasilitas kesehatan dengan aplikasi Mobile JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Panji Prabowo adalah salah satu peserta JKN-KIS yang telah memanfaatkan kemudahan antrian elektronik kala dirinya hendak menerima pelayanan di salah satu Klinik Pratama di Kota Banjarmasin, Jum’at (28/02).

“Saya rutin melakukan kontrol di klinik ini setiap bulannya dan setiap kali hendak berkunjung melakukan kontrol saya harus bisa mempersiapkan waktu lebih untuk mengantri hingga mendapatkan pelayanan kesehatan. Mengingat masyarakat saat ini sudah bisa lebih mudah untuk berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Dan kebetulan hari ini saat saya melakukan kontrol ternyata ada pegawai BPJS Kesehatan yang sedang melakukan kunjungan dan beliau menawarkan saya untuk memanfaatkan antrian online yang bisa diakses lewat handphone saya melalui aplikasi Mobile JKN.” Kata Panji.

Panji pun turut senang dengan adanya kemudahan antrian elektronik yang telah ditawarkan kepada dirinya. Menurutnya dengan adanya antrian elektronik ini dirinya akan bisa lebih mengatur waktu yang diperlukan kapan dirinya bisa datang ke klinik karena waktu tunggu antriannya bisa diketahui melalui aplikasi Mobile JKN di gadget miliknya.

“Sungguh sangat membantu, dengan begini saya tidak perlu datang terlalu cepat untuk mengantri ke klinik, karena sudah bisa daftar dari rumah lewat aplikasi ini (red: Mobile JKN). Saya jadi bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk kegiatan lainnya.” Tambah Panji.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Nancy Agitha turut menyampaikan antrian elektronik adalah salah satu komitmen BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan untuk dapat selalu memberikan kemudahan bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan.

“BPJS Kesehatan selalu berupaya menciptakan berbagai inovasi yang bisa mendukung peningkatan pelayanan yang berujung terhadap kepuasan peserta. Aplikasi Mobile JKN yang awalnya diciptakan untuk mempermudah pelayanan administrasi peserta sehingga peserta tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan, terus kami kembangkan manfaatnya hingga saat ini terdapat fitur terbaru yakni peserta bisa mendaftar pelayanan dan mendapatkan nomor antrian melalui Mobile JKN. Namun tentunya inovasi tersebut tidak akan bisa berjalan tanpa adanya komitmen dari faskes mitra BPJS kesehatan untuk mendukung hal tersebut. Semua ini dilakukan sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pelayanan peserta menjadi semakin lebih baik lagi.” Jelas Nancy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.