RSUD Gunungsitoli Membutuhkan APD Guna Tangani Pasien Covid-19

  • Whatsapp

Gunungsitoli – Direktur RSUD Gunungsitoli Dr. Julianus Dawolo, M.Kes sangat mengeluh tentang kelengkapan alat pelindung dari (APD) untuk menangani Covid-19, yang sampai sekarang belum pernah memiliki, Dr. Julianus M.Kes memohon kepada Gubernur (Ketua Gugus percepatan penangan Covid-19 Privinsi Sumatera Utara dan sekaligus kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara,

Dr. Julianus Dawolo M.Kes, mengetahui bahwa selama ini sangat minim APD yang telah diterima UPTD Gunungsitoli sebagai rumah sakit Darurat Covid-19 se-kepulauan Nias.
Selama ini APD yang telah diterima pihaknya 26 maret 2020 lalu dari Provinsi Sumatera Utara melalui badan penanggulangan Bencana Daerah = 125 baju cover All dan 125 sepatu boot yumeida.Jadi menurutnya halnya 2 jenis APD tersebut tidak dapat melayani pasien karena penanganan PDP diperlukan APD lengkap.

Selama ini RSUD Gunungsitoli belum terdapat pasien PDP, tapi kita perlu mempersiapkan kelengkapan agar bila suatu waktu diperlukan oleh tenaga medis tidak kewalahan, dalam hal ini kita sangat berharap agar di kepulauan Nias tidak ada pasien PDP tegasnya.

Dr. Julianu Dawolo menjelaskan lagi bahwa untuk menangani Covid-19 ini yang paling utama dibutuhkan adalah kacamata, sarung tangan, masker n95, topi dan kelengkapan lainnya, termasuk APD untuk menangani jenazah bila ada yang meninggal, dan RSUD Gunungsitoli telah merinci untuk setiap bulan dari bulan april hingga oktober 2020 tentang penangan virus covid-19 ini, hal dijelaskan ketika beberapa wartawan mendatanginya diruang kerjanya (8/4)

Direktur RSUD Gunungsitoli menghimbau masyarakat di pulau Nias untuk tidak panik tentang wabah virus corona ini tapi mari kita tetap menjaga diri, sering cuci tangan, menghindar dari tempat kerumuan dan kontak langsung dengan orang. (BZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *