Dandim 0808/Blitar, Respon Terhadap Rumah Singgah

113 0

Blitar, Infobanua.co.id – Dengan disiapkannya rumah singgah bagi pemudik yang masuk ke wilayah Kota Blitar.

Komandan Kodim (Dandim) 0808/ Inf. Letkol Kris Bianto bersama Forpimda Kota Blitar meninjau Rumah Singgah Pemudik yang baru di resmikan oleh Plt.Walikota Blitar, Senin 13-02-2020.

Menurut Dandim 0808/Blitar, bahwa Rumah Singgah Pemudik itu disiapkan Pemerintah dalam rangka fasilitasi pemudik yang memasuki wilayah Kota Blitar menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Tempat karantina rumah singgah pemudik ini, disediakan merupakan Prosedur Tetap (Protap) bagi para pemudik yang tiba di Kota Blitar dan seketika langsung dilaksanakan. Seluruh para pemudik yang menggunakan Kereta Api, Bus, maupun kendaraan pribadi bakal menjalani pemeriksaan di tempat karantina rumah singgah ini.

Protap penanganan covid-19 ini melibatkan unsur TNI, Polri dan Tenaga Kesehatan. Saat ini, dua posko utama telah disiapkan di Stasiun Kereta Api Blitar dan Terminal Bus Patria Kota Blitar. Di posko tersebut, setiap penumpang yang turun dari Kereta Api dan Bus akan didata. Identitas dan tujuannya kemana. Apakah dia mudik atau sekedar bekerja di Kota Blitar.

“Kalau dia pemudik maka dikonsentrasikan ke lokasi karantina. Disitu akan discreening tenaga kesehatan, Sedangkan pos yang di perbatasan itu sifatnya stasioner. Artinya pada waktu-waktu tertentu melakukan razia secara selektif bagi kendaraan dari luar kota,” jlentreh Kris Bianto.

“Nantinya jika ada pemudik yang terindikasi memiliki gejala covid-19 langsung menjalani isolasi di tempat karantina. Namun, pemudik yang sehat boleh pulang setelah menjalani karantina mandiri selama 14 hari di tempat karantina,” pungkasnya. (oke)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com