Ilegal loging Masih Marak di Kalimantan Tengah

  • Whatsapp

Kalteng – Belakangan ini Pemerintah serius untuk menghentikan setiap aktivitas illegal logging. Namun hal ini belum menyentuh secara keseluruhan Provinsi Kalimantan Tengah.

Dari penelusuran Badan Penelitian Aset Negara Lembaga Aliansi Indonesia ( BPAN LAI ) melakukan investigasi ke wilayah Desa Manunggal , Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sabtu (11/4/2020).

Tim BPAN LAI mendatangi lokasi bandsaw yang baru operasional dan ada dua alat berat. banyak kayu gelondongan yang siap produksi disebuah bandsaw/sawmill yang diketahui adalah milik HM — salah satu pengusaha kayu olahan yang beroperasi di wilayah itu.

Suhendra seorang warga mengatakan, bahwa kayu-kayu tersebut diangkut dari hutan potensi desa yang tak jauh dari lokasi bandsaw. Ada juga dari Desa Tumbang Pangka. Dimana kayu-kayu itu merupakan jenis kayu pilihan, kemudian diolah dengan berbagai ukuran untuk dijual kembali.

“Warga merasa keberatan adanya bandsaw didaerah ini kerena tidak adanya ijin dengan kepala desa dan pekerjanya dari luar semua, warga di desa ini tidak ada satupun yang jadi pekerjanya.” ujarnya

“Sejak beroperasi dengan bebas, diduga sudah ada ribuan kubik kayu jenis meranti dan bengkirai yang merupakan jenis kayu dengan kualitas baik, diolah di puluhan bandsaw di daerah ini,” bebernya.

Hadianto sebagai kepala Desa manunggal juga membenarkan apa yang disampaikan warga desanya. “Jangankan ke saya ke camatpun tidak ada izinnya,” tegasnya.

Saat datang dikediaman HM di Tumbang Samba, Tim BPAN LAI tidak dapat bertemu dengan HM pemilik bandsaw.

Dari data yang dihimpun BPAN LAI, diketahui bahwa Izin Usaha Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IUIPHHK) dan izin operasi mesin bandsaw/somel dimana ada indikasi telah melakukan penampungan dan pengolahan kayu hasil penebangan yang tidak jelas.

Peraturan Menteri Kehutanan tentang Izin Usaha Industri Primer Hutan Nomor: P.35/MENHUT-II/2008 Tentang Izin Usaha Hasil Hutan terindikasi dilanggar beroperasinya oleh bandsaw/sawmill di Kecamatan Sanaman Mantikei. (DH)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar