SMSI

Kebun Sawit PT.KIU Diduga Caplok Lahan Warganya Tanpa Beri Kompensasi

Kebun Sawit PT.KIU Diduga Caplok Lahan Warganya Tanpa Beri Kompensasi

RANTAU,- Warga Pematang Karangan Hilir atau yang akrab dikenal desa Pandahan Kecamatan Tapin Tengah disamping mengeluhkan kondisi merebaknya virus Corona Covid-19 yang mengharuskan berada di rumah hingga semua tempat ibadah ditutup, ternyata ada juga yang mengeluhkan lahan pribadi mereka yang dicaplok Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan perkebunan kelapa sawit tanpa diberi kompensasi ganti rugi.

Sebagaimana diutarakan Ifit warga desa setempat perusahaan tersebut adalah PT. Kharisma Inti Usaha (KIU) mencaplok lahan warga Pematang Karangan Hilir, dan Sukaramai.

“Mereka pemilik lahan tidak tahu hingga kini cara menuntut, hanya bisa tertahan di lidah dan mengeluh saja. Padahal waktu itu pihaknya sudah disuruh membuat nomor rekening di Bank termasuk kartu ATM yang rencananya menerima kompensasi dari pihak perusahaan, ternyata faktanya tidak jadi pembayaran. Diduga ada oknum aparat yang bermain didalamnya,”katanya.

Lokasi lahannya yang tercaplok di bekas perumahaan transmigrasi dahulunya dan kini sudah beralih menjadi kebun sawit perusahaan. “Karena bekas lahan perumahan pastinya mengantongi bukti kepemilikan tanah,”katanya.

Reporter Nasrullah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan