IDI Inhil, Memberikan Tips Untuk Meningkatan Imun Tubuh

  • Whatsapp

INHIL – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Indragiri Hilir berikan tips buat masyarakat agar bisa meningkatkan imunitas tubuh di tengah wabah pandemi Covid 19 yang melanda dunia.

Ketua IDI Inhil, dr. Firman Nurdiansah Sp. T HT dalam wawancaranya menyebutkan mejaga imunitas tubuh sangat penting karena sistem imun tubuh melindungi organisme dari infeksi dengan perlindungan berlapis yang semakin dalam semakin tinggi spesifisitasnya (kekhususannya terhadap jenis infeksi). Pelindung fisik mencegah patogen seperti bakteri dan virus memasuki tubuh.

“Makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga meskipun yang ringan, serta tidak panik tapi selalu waspada adalah tips meningkatkan imunitas tubuh kita,” jelas dr. Firman, Sabtu (25/4/2020).

Dr. Firman kembali menyebutkan, kepanikan atau stres bisa menurunkan daya tahan tubuh, untuk ia menghimbau masyarakat agar tetap selalu bersemangat dan ceria agar imunitas tetap terjaga.

“Salah satu yang bisa menurunkan daya tahan tubuh adalah panik, jadi kami sarankan buat masyarakat tetap bersemangat supaya imunitas tubuh tetap terjaga,” ujarnya.

Untuk tetap bersemangat dan tidak panik, Firman merekomendasikan kepada masyarakat agar membaca dan mencari informasi yang sifatnya lebih memotivasi diri.

“Jika tipe seseorang sering panik disarankan lebih baik baca berita yang sifatnya edukasi sembuh sehingga selalu termotivasi dan imunitas tubuh meningkat,” tukasnya.

Namun, katanya pula, meski dalam perasaan selalu bersemangat masyarakat juga dituntun harus waspada dan tau cara pencegahan penularan Covid-19 yang tengah mewabah sekarang ini.

“Rajin-rajin cuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun, tetap menjaga jarak karena virus menular saat air percikan saat bersin atau batuk dan berbicara, selalu menggunakan masker, dan yang lebih disarankan tetap di rumah,” jelasnya.

Sandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *