Sejumlah Ketua RT dan RW Geruduk Balai Desa Kaliwadas Menuntut Dibukanya Data Penerima BLT

  • Whatsapp

TEGAL, infobanua.co.id – Sejumlah Ketua RT dan RW serta perwakilan warga Desa Kaliwadas, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal mendatangi balai desa setempat, Senin (27/04/2020). Kedatangan mereka dalam rangka menuntut dibukanya data penerima bantuan BLT yang merupakan bagian dari program penanganan akibat dampak Covid-19.

Mereka meminta transparansi data kepada pihak desa yang selama ini terkesan ditutup-tutupi dan dianggap telah mempermainkan tugas ketua RT/RW yang telah melakukan pendataan ke warga.

Menurut koordinator warga, Evi Krismarsetio yang juga ketua RW 01, kedatangannya bersama beberapa ketua RT dan warga untuk klarifikasi.

“Kami datang ke sini (balai desa.red) untuk memastikan bahwa data yang kami ajukan diterima oleh desa dan dimasukan dalam daftar penerima,” ujar Evi.

“Karena beberapa data berupa foto copy KTP dan KK yang kami ajukan sebagai penerima bantuan dicoret oleh pihak desa,” lanjutnya.

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kepala Desa Kaliwadas Rukhamah menjelaskan bahwa data yang diterima dari masing-masing ketua RT ditampung semua, tidak ada yang dicoret.

“Kami pihak desa tidak pernah mencoret data yang diajukan oleh ketua RT, hanya saja sebagian dialihkan karena bantuan yang akan diterima warga bukan hanya dari satu sumber sehingga tidak ada tumpang tindih bantuan,” jelas Rukhamah.

Dalam kesempatan tersebut akhirnya terjadi kesepakatan dan pihak desa bersedia melakukan verifikasi secara terbuka berkaitan dengan program-program bantuan. Proses mediasi yang didampingi dari pihak Polsek dan Koramil Adiwerna berlangsung secara damai. (HS/Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *