Dit Reskrimum Polda MetroJaya Tangkap 8 Pengganjal ATM

314 0

Jakarta – Subdit 3 Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya menangkap 8 Pengganjal ATM. Tersangka ganjal ATM berinisial IM (35), RA (32), D (42), K (29), B (25), I (47), FT (47) dan ATE (25). Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan,  semua pelaku adalah penjahat kambuhan alias residivis yang tercatat pernah melakukan kejahatan yang sama

“Terakhir mereka beraksi di Cikarang dan Cibitung di Bekasi dan juga di Kelapa Gading, Jakarta Utara,” ujarYusri kepada awak media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, (28/4/2020).

Dari rangkaian aksinya, lanjut  Yusri, komplotan pelaku ini berhasil meraup keuntungan dari ganjal ATM hingga ratusan juta rupiah. “Jadi para pelaku ini berhasil mengambil uang dari hasil ganjal ATM itu lebih dari Rp 100 juta selama aksinya,” jelas Yusri.

Modus yang digunakan para pelaku adalah mengganjal mulut ATM dengan tusuk gigi dan menunggu korbannya kesulitan memasukkan kartu. Ketika menemukan korban, kawanan ini berpura-pura membantu. Sambil berpura-pura membantu, mereka menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM yang serupa dan mirip dengan ATM korban.

Selanjutnya temannya yang lain mendekati korban untuk melihat sandi PIN yang digunakannya. Dengan menguasai kartu asli dan nomor PIN korban, mereka lantas menguras simpanan uang korban.

Para pelaku ganjal ATM mempunyai peran masing-masing. IM berperan sebagai kapten mengganjal dan menukar ATM milik korban, RA juga berperan sebagai kapten mengalihkan perhatian sekitar lokasi.

Pelaku D berperan sebagai sopir, K mengalihkan perhatian sekitar TKP, B peran joki, I peran mengintai sekitar TKP, FT peran menyediakan mobil, ATE peran mengalihkan korban dan sekitar TKP. “Ada 1 pelaku masuk daftar pencarian orang (DPO) berinisial R yang berperan sebagai otak pelaku ganjal ATM,” terang Yusri.

Dari tiga korban yang melapor, inisial MA mengalami kehilangan uang di ATM sebesar Rp100 juta. Sedangkan korban B sebanyak Rp35 juta dan korban P sebanyak Rp8,5 juta.

Atas perbuatannya delapan tersangka pelaku dijerat  Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun. Ditulis Okta

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com