Tiga Alasan Pemdes Tangkahen Mendirikan Posko Kesehatan Penanganan Covid-19.

869 0

Pulang Pisau, infobanua.co.id – Pemerintah Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang mendirikan posko kesehatan penanganan covid-19 yang terletak di Jalan utama menuju Desa Tangkahen. Penanganan covid-19 merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau khususnya Desa Tangkahen.

Apalagi jumlah pasien positif corona ( Covid-19 ), pasien dalam pengawasan ( PDP ) dan orang dalam pemantauan ( ODP ) di wilayah Pulang Pisau terus meningkat.

Seperti yang di infokan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau tanggal 27 april 2020 di antaranya Pasien positif terpapar covid-19 sebnyak 5 orng, PDP 2 org, ODP 10 orang.

Kades Tangkahen Jonjo Bilo, S.pd mengatakan Posko kesehatan penanganan covid-19 ini dibuka hari ini (28/4) dan berakhir sampai dinyatakan aman oleh pemerintah, posko akan dijaga selama 8 jam ( pukul 07.00 s/d 16.00 wib ) adapun yang terlibat dalam posko ini antara lain Perangkat Desa, BPD, Relawan yaitu masyarakat Desa Tangkahen, Babinsa, Bhabinkatibmas, dan Puskesmas.

Di posko ini juga kita memeriksa suhu badan serta disediakan , hand sanitizer, cairan disinfektan dan masker jika ada warga yang melintas di jalan ini. Seandainya ada yang diduga terpapar virus korona, bisa ditangani secara cepat oleh posko sesuai SOP yang ditetapkan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan membawa ke rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi, jelas kades yang akrab di panggil Jon.

Jon melanjutkan, posko ini kami bangun dengan 3 hal pertama Edukasi atau Pendidikan yaitu menjelaskan tentang bahaya covid-19, cara mengantisipasi agar virus corona tidak menyebar dan mengingatkan agar selalu menggunakan masker serta pola hidup sehat seperti mencuci tangan setiap saat setelah melakukan aktifitas diluar ruangan, kedua adalah Penanggulangan agar covid-19 tidak menyebar dengan melakukan penyemprotan cairan Disinfektan serta membagikan masker dan yang terakhir yaitu Pencegahan kami berusaha agar covid-19 ini tidak menyebar dan selalu memberikan himbauan serta arahan kepada masyarakat tetang bahayanya covid-19.

” 3 hal program ini saya yakin bisa memutuskan rantai penyebaran covid-19 di Desa kami dan semoga wabah ini bisa berakhir”, harap jon sambil menutup wawancara.( Didik Sudarmadi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *