Bupati Balangan Sampaikan LKPj Tahun 2019

0
18 views

PARINGIN – Bupati Balangan, Ansharuddin sampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2019, kepada Ketua DPRD Kabupaten Balangan, di Ruang Sidang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Balangan, Senin (20/4/2020) kemaren.

Ia menyampaikan, laporan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, serta Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“LKPj disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang merupakan penjabaran tahunan atas rencana pembangunan jangka menengah daerah dengan berpedoman pada rencana pembangunan jangka panjang daerah,” terangnya.

Lanjut Ansharuddin, laporan ini pada prinsipnya memuat informasi mengenai hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah selama satu tahun anggaran, penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah, serta capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan.

“Dalam hal ini, kewenangan daerah mencakup 24 urusan wajib dan enam urusan pilihan. Sedangkan penyelenggaraan tugas pembantuan dan penugasan untuk kabupaten terutama adalah mengenai dana desa dan bagi hasil pajak dan retribusi,” pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini.

Senada dengan hal itu, Ansharuddin mengatakan, tentu saja tindak lanjut atas rekomendasi pansus LKPj pada tahun sebelumnya, beserta hasil-hasilnya juga termuat dalam laporan tersebut. (aol)

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.