Desa Krisik Kab.Blitar, Gelar Social Difstancing, dan Physical Distancing

0
38 views
Beberapa masyarakat yang lewat masuk wilayah Kab.Blitar, di periksa suhu badannya.  

Blitar, Infobanua.co.id – Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, merupakan Desa paling Utara dan merupakan pintu masuk ke wilayah Kabupaten Blitar dari arah Utara.

Untuk ikut meminimalisir pandemi corona, Pemeritah Desa Krisik mendirikan Posko Percepatan Penanganan covid-19 dengan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang hendak masuk ke wilayahnya.

Posko pemeriksaan kesehatan ini di gelar oleh jajaran Pamong Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan dibantu oleh para sukarelawan.

Menurut Kepala Desa Krisik, Hari Budi Setyawan, tujuan didirikannya posko ialah untuk memutus mata rantai penularan virus covid-19, dengan cara menghentikan seluruh kendaraan yang masuk ke Kabupaten Blitar.

“Ini gerakan sosial, upaya kami dari pelosok desa mendukung kerja pemerintah dalam perang lawan covid-19. Dengan harapan kami bisa memutus mata rantai covid-19 dan pandeminya segera berakhir,” kata Kepala Desa Krisik, Hari Budi Setyawan, kepada awak media. Sabtu 11-04-2020.

Diterangkan Hari, bahwa, personel Posko Gugus Tugas akan memeriksa kesehatan warga yang memasuki Kabupaten Blitar dari arah Malang. Karena Desa ini berbatasan dengan Kabupaten Malang.

Seluruh penumpang kendaraan diturunkan dan diwajibkan mencuci tangan. Penumpang dan kendaraanya juga disemprot dengan disinfektan dan diperiksa suhu tubuhnya.

“Apabila suhu normal boleh melanjutkan perjalanan. Namun apabila suhu tinggi diatas 38 derajat Celcius akan dikarantina, tempat karantina sudah kami siapkan,” jlentrehnya.

Selanjutnya Heri menghimbau kepada warga agar tidak panik terhadap situasi maraknya virus covid-19.

Heri juga mengajak seluruh warga untuk mencegah penyebaran covid-19 ini mulai dari diri sendiri dengan cara Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Mudah mudahan dengan upaya ini,  Kabupaten Blitar terbebas dari penyebaran virus covid-19, semoga peran warga di sini tentunya sangat diharapkan ikut serta dalam upaya pencegahan covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Camat Gandusari, Bambang Setyadi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas tindakan cepat tanggap warganya dalam hal pencegahan dan memutus mata rantai covid-19 di Kabupaten Blitar.

Di samping itu selaku Camat setempat, Bambang juga menghimbau agar masyarakat mengikuti anjuran pemerintah dalam antisipasi dan pencegahan covid-19.

Di antaranya dengan PHBS, social difstancing, physical distancing, memakai masker dan rajin mencuci tangan.

“Tunda atau batalkan kegiatan yang mengundang banyak orang. Tunda perjalanan keluar daerah.
Lebih baik berdiam diri di rumah dan hanya keluar untuk hal yang perlu saja dengan strategi social distancing dan physical distancing serta melaksanakan PHBS, diikuti dengan rajin cuci tangan,” jlenyrehnya. Kemudian sebagai wujud ikhtiar kita bersama, mari kita semua berdoa semoga virus ini bisa segera musnah untuk selama-lamanya,” pungkasnya. (oke)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.