Guru Tapin kembangkan kreativitas untuk sukses kan pembelajaran dirumah

0
144 views

RANTAU,- Guru menghadapi situasi pembelajaran para siswanya di rumah kini yang jelas jauh berbeda dibandingkan sebelumnya di kelas, membuat para guru di Tapin ikut mengembangkan kreativitasnya di rumah. Karena dengan kreativitas kunci sukses pembelajaran daring online.
Terutama dalam mengumpulkan muridnya dalam satu tempat, jika dulu di kelas kini melalui karya guru yang banyak terbuat dengan harapan seluruh mata murid menatap karyanya di media daring. Tertantang mengalihkan pandangan mata murid yang terbiasa menonton sinetron dirumah hingga bermain games beralih ke media pembelajaran untuk mencerdaskan anak negeri.

“Ayo guru jangan berkecil hati karena belum membuat video pembelajarannya untuk negeri, bersaing dalam memajukan negeri melalui jaringan ini,”kata Bu Evi, Guru SD di Tapin.

Seperti yang dilakukan Bapak Muji yang telah mengabdi sebagai guru honorer di SDN Rantau Kiwa 1 selama 8 tahun sejak tahun 2012.
Ditengah situasi pandemic Corona ini, siswanya diliburkan ke sekolah dan dialihkan untuk dapat belajar di rumah melalui sistem daring dan melek internet teknologi informasi yang semakin maju berkembang. Pak Muji membuat video pembelajaran setiap siswa menghafal surah-surah dari ayat Al-Qur’an, jika kemarin bertatap muka di ruang kelas sekarang mereka tampil di layar publik membawa nama harum sekolah dan banuanya, mantap.

Guru Muji mengatakan, “Tujuan pembuatan video ini untuk memotivasi anak serta menghilangkan rasa jenuh mereka selama stay at home atau berada di rumah, yang biasanya setoran hafalannya lisan scara langsung bertatap muka di ruang kelas karena situasi sekarang di minta siswa untuk setor hafalannya melalui dokumentasi video.
“Hasil dari video tersebut kami share di Paguyuban kelas dan Media sosial. Di group itu siswa bisa melihat hasil video hafalan mereka dengan kegembiraan mereka masing-masing,”katanya.

Diceritakannya, Sebenarnya juga bukan bidang keahlian kami untuk IT multimedia. Lantaran kami sebagai admin sosmed (fb & ig serta chanel youtube sekolah) untuk memajukan dan mempromosikan keunggulan profil dan prestasi sekolah akhirnya di mulai lah coba-coba berlatih secara otodidak membikin video-video untuk dokumentasi video sekolah. “Dari sanalah kami terapkan untuk pembuatan video pembelajaran atau pun sebagai media pembelajaran,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.