Poktan Dayak Misik Mengklaim Tanah Milik Warga Yang Dulunya Kawasan Transmigrasi

0
412 views

Kotawaringin Barat, infobanua.co.id – Kelompok Tani ( Poktan ) Dayak Misik mengklaim lahan sawit milik warga Desa Pangkalan Duren, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat yang dulunya adalah kawasan transmigrasi.

Transmigrasi dibuka oleh Direktorat Agraria provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 1983 dan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten sekitar Tahun 1992 yang dulunya Desa Purwosari dan Tahun 1992-2005 berubah menjadi Desa Sungai Rangit Jaya kemudian adanya pemekaran Desa tahun 2006 menjadi Desa Pangkalan Duren.

Salah satu warga bernama Suraji yang awak media temui dirumahnya (Senin, 27/4/2020 ) mengatakan, tetap bersikeras bahwa tanah tersebut miliknya dan menunjukkan bukti SKT dengan Nomor 118/593.21/VI/98 dan No SKT 119/592/21/VI/98 seluas 30 Hektar yang sudah ditanami pohon sawit dan siap dipanen.

“Kami ini sudah lama tinggal di tanah ini sejak transmigrasi dibuka tahun 1983 dan kami sudah buka lahan sawit ini sejak tahun 1993 seluas 20 Hektar”, tegas Suraji.

Suraji menjelaskan Pada tahun 2015 tanah lahan sawit kami pernah di klaim oleh saudara udin dan kawan kawan tetapi sudah diselesaikan oleh kecamatan Pangkalan Lada dan dinyatakan tanah ini milik warga dengan bukti pencabutan SKT milik saudara Udin oleh Yusran Galib yang pada saat itu menjabat sebagai Lurah Kumai dengan alasan bahwa tanah yang diklaim tidak ada di daerah ini sehingga wargapun bisa memetik hasil ( panen ) sawit sampai tahun 2019.

“Sejak klaim tanah lahan sawit ini selesai kami bisa memanen buah sawit dan menjadikan buah sawit sebagai mata pencaharian kami buat menghidupi keluarga kami, kenapa sekarang ( tahun 2020 ) ini diklaim lagi oleh udin dan kawan-kawan yang mengatasnamakan Poktan Dayak Misik”, ucap Suraji

Lanjut suraji sejak diklaim oleh orang yang sama yang mengatasnamakan Poktan Dayak Misik ini kami dilarang memanen buah sawit, sekeliling lahan sawit di pagar bambu, di dirikan posko penjagaan serta dipasang Baliho yang terpampang jelas mengatasnamakan Poktan Dayak Misik, tandas Suraji. ( Didik Sudarmadi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.