Total Anggaran MTQ Ke 39 Kecamatan Palembayan, Masih Tanda Tanya

0
213 views
Camat Palembayan Ridwan Nusa

Agam, Infobanua.co.id – Mengingat jadwal Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 39 di Kecamatan Palembayan, tingkat Kabupaten Agam yang sudah selesai dilaksanakan kegiatan pada tanggal acara 7 s/d 12 Maret 2020 di Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam – Sumatera Barat.

Dengan adanya polemik yang masih dalam pertanyaan Masyarakat ke Tranparansi dana acara MTQ Nasional yang didanai oleh Pemda Agam (APBD) dan Sumbangan Istansi Pemerintahan dan Masyarakat saat itu dan sekarang masih dalam Tanda tanya Total keseluruhan dana yang terkumpul dan belum terjawab oleh pihak terkait Pemda Agam dengan diInformasikan juga ke Publik melalui Media Infobanua.co.id yang sebelumnya juga sosial kontrol hal ke tranparansi total anggaran acara MTQ di Kecamatan Palembayan itu. Itulah rumor yang santer jadi pergunjingan saat itu dan saat ini masih belum bisa terjawab oleh Kabag Kesra Setda Agam , Surya Wendri.

“Jadi dana yang sudah terkumpul untuk acara MTQ Nasional ke 39 di Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam pada tanggal 7 – 12 Maret 2020 itu saat ini hanya bisa di sampaikan ke publik melalui media infobanua ini cuma sumbangan masyarakat atau Perantau, instansi pemerintahan dan bantuan CSR dari Perusahan yang ada di Kabupaten Agam”.

Camat Palembayan Ridwan Nusa dan Juga Ketua Panitia saat di komfirmasi menjawab saat ini kami masih menggelar rapat penutupan dan pembubaran Panitia MTQ ke 39 yang membahas tentang evaluasi akhir pelaksanaan MTQ Nasional ke 39 di Kecamatan Palembayan tersebut dengan secara surat tertulis (Informasi) di sampaikan kepada Panitia – Panitia dan donatur yang terlibat di karnakan wabah virus corona ini kita tidak dapat berkumpul dan sebagain donator belum bisa pulang kampung,”kita menyampaikan dengan surat dan informasi sebatas itu aja.

Camat Palembayan Ridwan Nusa (Ketua Panitia) dalam penyampaiyannya mengatakan bahwa , rapat penutupan panitia 12 April 2020 ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ Nasional ke 39 tingkat Kabupaten Agam tahun 2020 ini dapat mendiskusikan apa saja kendala-kendala yang akan terjadi di lapangan serta mengetahui sejauh mana kegiatan penyelesaiyan acara yang telah dilakukan pihak panitia terkait penyelesaiaan sumbangan dan dana yang sudah di terima acara dan masing-masing bidang lainnya.

“Kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan MTQ Nasional ke 39 tingkat Kabupaten Agam, yang sudah diselenggarakan di Kecamatan Palembayan kami mengungcapkan terimakasih dan untuk kita ketahui dengan ke Tranparansi anggaran terkumpul dari Sumbangan Masyarakat dan perantau maupun istansi pemerintahan dan perusahaan (PT) dan dua orang anggota DPRD dapil ll Kabupaten Agam berjumlah Rp 303.647. 000 (Tiga ratus juta Tiga ribu Enam ratus empat puluh tujuh ribu rupiah) itu semua sumbangan yang kita terima dan kita berharap Perantara agar setiap masing-masing seksi dan bidang kegiatan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan sebaik mungkin dengan tranparan,”jelas ketua panitia.

Selanjutnya dari Kabag Kesra Setda Agam , Surya Wendri saat di Komfirmasi melalui WhatSappnya hal kuncuran anggaran (Dana) dari APBD Agam menyebutkan, Maaf pak, kami masih rapat,,nanti kami konfirmasi dulu kepada pimpinan dalam hal ini pak sekda dan Baik,,kita akan komonikasi kan dgn pak sekda, kebetukan masih rapat “tanggapan Kabag Kersa Surya Wendri Senin, 13 April 2020

Dengan adanya kerja sama yang baik dengan Jaringan Pengawasan Kebijakan Pemerintah (JPKP) Ketua DPW JPKP Enda jalal juga ikut komfirmasi dengan kuncuran angaran dari kegiatan MTQ Nasional ke 39 di Kecamatan Palembayan itu ke Kabag Kersa Surya Wendi, Enda Jalal DPW Ketua JPKP menyampaikan ke Awak Media Infobanua Rusman Hakim dan Juga Ketua Umum Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) pihak Kesra menjawab: Izin pak, sebaiknya kita bertemu di kantor yo pak. Enda jalal: Permintaan Pak Surya sgt saya hargai – namun degan situasi sekarang ini wabah virus corona, apakah sebaiknya di japri kan saja ke WA ini pak Surya.., Y pak, senin besok juga gpp pak.” namun sampai saat diturunkan berita dikomfirmasi kepada DPW Ketua JPKP Enda Jalal, masih belum ada tanggapan penjelasan dari Kabag Kesra Agam itu”.terangnya.

Lanjut, Camat Palembayan dan Juga Ketua Paniti Ridwan Nusa juga mengklarifikasi atas jawaban adanya bantuan sumbangan dari Kecamatan lain di Kabupaten Agam itu. “Untuk sumbangan dari Per Kecamatan di Kabupaten Agam pelaksanaan MTQ Nasional ke 39 di Kecamatan Palembayan tidak ada masuk sumbangannya ke Panitia Acara, itu sumbangan itu memang ada tapi itu hanya untuk menyuseskan kegiatan di kecamatan masing-masing yang ada di Kabupaten Agam, seperti Tranportasi dan lain-lain”tegasnya.

Camat Palembayan Ridwan Nusa juga mengimbau pada warga dengan adanya wabah Covid 19 ini meminta dan berharap kepada seluruh warga Kecamatan Palembayan untuk tidak lelah dan terus bersama memerangi virus corona dengan mematuhi imbauan pemerintah.

“Seperti menjaga jarak, menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang dan selalu menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar”.tutupnya.

**Rusman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.