Warga Blitar Dihimbau Waspada, Gejala DBD Mirip Dengan Corona

0
28 views
Kabupaten Blitar, Waspadai DBD Yang Naik Signifikan

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Dalam hal ini Dinas Kesehatan Kab.Blitar, melalui
Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan bahwa, Demam Berdarah Dengue, (DBD) juga akan mewabah usai musim penghujan bulan ini. Masyarakat harus lebih hati-hati.

Pasalnya gejala yang ditimbulkan oleh penyakit DBD sangat mirip dengan gejala covid-19, satu diantaranya mengalami demam tinggi.

Pcihaknya akan melakukan secreening dua-duanya. Karena pihaknya tidak mau kecolongan.

“Kita akan screaning keduanya. Kita tidak mau kecolongan, apakah itu Demam Berdarah Dengue, atau covid-19,” kata Krisna, Selasa 28-04-2020.

Menurut Krisna, selama empat bulan awal 2020 ini jumlah kasus DBD mencapai 137 orang. Januari ada 23 kasus, Pebruari 67 kasus, Maret 35 kasus, dan April 12 kasus. Semua pasien DBD tersebut dinyatakan sembuh dan tidak ada yang meninggal.

“Jadi mayoritas penderita merupakan usia produktif, yakni usia 5 sampai dengan15 tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, wilayah paling banyak persebaran DBD berada di Kecamatan Sanankulon, Kecamatan Nglegok, Kecamatan Kanigoro, dan Kecamatan Kademangan. Dalam menanganinya, Dinkes mengaku sudah menggiatkan masyarakat supaya tetap melakukan PSN, satu rumah satu jumantik, dan melakukan penyemprotan disejumlah wilayahnya. (Eko.B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.