Bupati HSS Tak Ingin Ada Warga Kelaparan Karena Tak Terdata BLT

  • Whatsapp

KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry memastikan, masyarakat terdampak wabah corona yang benar-benar kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya wajib mendapat pengayoman, melalui bantuan kebutuhan pangan.

Bupati menegaskan, tak boleh ada warga yang sampai kelaparan, karena tak masuk data bantuan langsung tunai (BLT), baik program dana desa maupun program BLT Kemensos.

Penegasan itu disampaikan bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad saat menggelar konfrensi pers di Aula Rakat Mufakat, Kamis (30/4/2020).

Sebelumnya, Fikry menyampaikan terkait penyaluran BLT untuk masyarakat terdampak covid 19, yang dimulai di empat desa di Kecamatan Kalumpang dan dua desa di Kecamatan Loksado.

Disebutkan, BLT yang mulai disalurkan adalah program, yang bersumber dari Dana Desa.

Sedangkan BLT program Kemensos, dimulai pekan depan.

Program BLT untuk warga terdampak covid-19 sendiri, ada dua sumber, yaitu dari Dana Desa dan Kemensos.

Satu warga penerima hanya boleh menerima salah satu program, baik yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah.

Sedangkan warga penerima bantuan sosial regular Kemensos maupun Pemkab HSS tak menerima BLT.

Adapun warga yang tidak termasuk dalam penerima BLT kedua program tersebut, namun sangat membutuhkan bantuan akibat sumber pencahariannya terpuruk, diimbau segera melapor kepada pemerintah.

“Kami tidak ingin ada warga HSS kesulitan makan atau memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga dipersilakan segera melapor,”kata Fikry.

Pengaduan masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan dasar namun tak terdata program BLT itu bisa disampaikan melalui [email protected] atau lewat WA/SMS di nomor 085387223330.

Bisa pulang menyampaikan langsung ke Pusat Pelayanan PMKS “Rumah Biru Sehati” Kantor Dinas Sosial Kab.HSS Jln Kamboja No 3 Kandangan.

Konfrensi Pers tersebut juga menghadirkan Asisten Administrasi Pembangunan Setda HSS, Kepala Dinas Sosial HSS, PLT Kepala Dinas PMD, Camat Kandangan, serta Kades Tibung Raya yang mewakili para kades se HSS serrta dihadiri sejumlah wartawan dari berbagai media yang bertugas di wilayah HSS.

Bupati berharap program BLT ini membantu masyarakat terdampah wabah corona, dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

Bupati juga menekankan semangat saling tolong menolong sesama sehingga tidak ada tetangga yang terdampak covid 19 sampai kelaparan akibat tak punya beras untuk di masak.

“Saya harapkan para ASN dan masyarakat yang berkecukupan agar membantu jiran tetangga yang terdampak sesuai kemampuan masing-masing. Jika tidak mampu membantu, segera laporkan ke Dinas Sosial ataupun pemerintah desa dan kecamatan,” katanya.

Sumber:  banjarmasin.tribunnews.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *