Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

Sri Manis Chaton Umi Salama, Wanita Teladan Istri Kades Bendang Raya Tenggarong

banner 120x600
banner 468x60

Sosok Sri Manis Chaton Umi Salama–wanita pejuang ekonomi kelahiran Samarinda 7 April 1981 patut dijadikan teladan. Karena kegigihan dan keuletannya membangun perekonomian Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong selama ini. Berbuah manis,

Usai lulus SMA dirinya menekuni bisnis dan menginjak usia 27 tahun, Sri Manis Chaton Umi Salama dipersunting Muhammaddin Nurdin seorang wirausaha sukses tahun 2000. Dan pindah ke Tenggarong di Desa Tapak Lembur yang memiliki suasana ekstrim karena listrik belum semuanya masuk termasuk akses jalan menuju Kota Tenggarong masih rusak. Penduduknya masih sepi dan rumah jarang penduduk.

banner 325x300

Tapi wanita ini tetap bertahan kerena mengikuti suami, sebagai abdi negara. “Meski suami seorang kepala desa. Saya tergerak ikut membantu perekonomian warga desa. Berkat kepercayaan warga desa. Suami saya dipercaya menjadi kepala desa selama dua periode,” katanya.

Bahkan hasil investigasi wartawan dan organisasi IWO (Ikatan Wartawan Online) Kaltim yang dipimpin Nurdin Djeja saat bertemu salah satu warga Desa Bendang Raya inisial W,  menyebutkan, bahwa istri Kepala Desa Bendang Raya adalah sosok wanita ulet dan rajin serta kreatif dalam berusaha.

“Ibu kades memiliki jiwa sosial yang tinggi, suka blusukan. Jika mendengar warganya sakit sekalipun saat covid-19. Ibu kades tetap berkunjung kerumah warga dan ikut membantu,” katanya.

Sementara Sri Manis Chaton Umi Salama mengakui, diriya juga mengembangkan usaha kebun kelapa sawit seluas 25 hektar. Yang panen dua minggu sekali sebanyak 100 ton dengan penghasilan kotor Rp65 juta hingga Rp70 juta yang dikirim ke pabrik.

Sri Manis Chaton Umi Salama juga hoby berorganisasi, jadi Ketua PKK, Ketua UP2K usaha peningkatan keluarga, Ketua KWT Kelompok Wanita Tani, Ketua Agro Bisnis, Ketua Bidang APJI (Asosiasi Petani Jagung Indonesia).

Kata Sri, dirinya pernah uji coba jagung seluas 3 hektar yang bisa panen 6,5 ton lewat kelompok KWT . Juga lewat  kelompok APJI bisa panen 7,5 ton. Usaha lewat koperasi membuat produk dari pepaya muda  diolah stik pepaya, permen pepaya, dodol pepaya, alay pepaya, bingka pepaya.

Ibu kades memiliki prestasi Juara 1 Lomba Balita Sehat, Juara 1 Lomba Pengelola Barang Bekas, Juara 1 Lomba BKB Bina Keluarga Balita, Juara 3 lomba peragaan busana dan kecantikan dan tata rias diri juara dan lomba pidato juara 2.

din

banner 325x300

Responses (3)

  1. Bravo Bu Kades Bendang Raya,Semoga sukses selalu bersama warganya khususnya desa Bendang raya,selain jiwa pemimpin dan usaha yg kuat,beliau juga dermawan, Insyaallah lelahmu menjadi Lillah dan Berkah, Aamiin

  2. Ini ibu yg aq kenal selalu kuat semangat dan pantang menyerah..baik ramah perhatian semua pokonya terrr baik ter the best..sukses selalu ibu kesayangan ku

  3. Salut..begini seharusnya teladan bagi para perempuan di indonesia di level sosial manapun…bila semua istri kepala desa bisa berperan seperti beliau…pasti semua desa di Indonesia akan maju Dan semua desa pasti akan tersentuh kemajuan pembangunan…Salam hormat buat Bu Din Dan Bpk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *