197 dari 217 Desa HSU Sudah Salurkan BLT-DD

0
10 views

– 17 Desa di Jadwalkan Rabu dan Kamis Amuntai, Sebanyak 197 desa dari 10 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD kepada keluarga terdampak Virus Corona (Covid-19). Alhasil jumlah dana keseluruhan sebesar Rp‎.10.216.200.000,- tahap pertama ‎yang bersumber dari dana desa tahun 2020 pun telah diterima masing-masing keluarga penerima manfaat sebesar Rp600.000,-.

‎Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M. Si sebagaiman disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat H. Adi Lesmana, S. Sos, M. Si, Selasa (26/5) kemaren menyebutkan bahwa 197 dari 214 desa di daerah ini telah menyalurkan BLT-DD tahap pertama.

Penyaluran dana sebesar Rp600.000,- bagi keluarga terdampak Covid-19 melalui Bank Kalsel Cabang Amuntai secara langsung kepada masing-masing keluarga yang telah ditentukan.

“Dari 214 desa yang ada di HSU ini, sudah 197 desa yang menyalurkan BLT-DD tahap pertama. Hanya 17 desa lagi yang belum menyalurkan,” ujar Kadiskominfo menirukan Bupati.

Lanjutnya lagi, jumlah kepala keluarga yang telah menerima BLT-DD tahap pertama sebanyak 17. 027 kepala keluarga dengan nominal Rp600.000,-. Bila diprosentasekan, maka yang sudah menyalurkan 92 %.

Mengenai 17 desa yang belum menyalurkan, Adi menyebutkan dikarenakan keterlambatan desa dalam menyelesaikan persyaratan administrasi.

“Keterlambatan tersebut seperti APBDes perubahan dan Peraturan Kepala Desa tentang penetapan penerima BLT-DD. Untuk 17 ini dijadwalkan akan disalurkan pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2020 besok (hari ini, red),” terangnya.

Senada, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) HSU Rijalihadi, S. STP membenarkan bakal dicairkannya BLT-DD tersebut. Akan tetapi menurutnya tetap melihat kelengkapan administrasi setiap desa.

“Prosesnya masih berlangsung, bagi desa yang sudah memenuhi syarat, besok Rabu (hari ini, red) disalurkan BLT-DD nya kepada keluarga penerima manfaat.Namun bagi desa yang masih belum lengkap, dijadwalkan pada hari berikutnya,” terangnya.

Disinggung penyaluran tahap kedua, Plt menargetkan pada bulan Juni ini. Akan tetapi ia belum bisa memastikan kapan waktunya. Semua ini ada korelasi dengan kesiapan teknis maupun yang lainnya.

“Tahap dua bulan Juni. Tapi tanggal pastinya belum bisa disebutkan. Ada hubungan dengan teknis,” bebernya.

Adapun 17 desa yang belum menyalurkan BLT-DD adalah satu desa dari kecamatan amuntai utara, yakni Desa Guntung. Sedangkan untuk kecamatan Sungai Tabukan terdapat tiga desa, yakni Desa Nelayan, Galagah Hulu dan Banua Hanyar. Begitu pula dengan kecamatan Paminggir terdapat tiga desa juga, yaitudesa Sapala, Bararawa dan Tampakang.

Berikutnya untuk kecamatan Sungai Pandan dengan jumlah terbanyak, yakniDesa Pondok Babaris, Rantau Karau Hilir,Banyu Tajun Hilir dan Banyu Tajun Hulu. Kemudian Hambuku Hulu,  Hambuku Tengah, Murung Asam dan Teluk Sinar serta Tatah Laban. ‎Fai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.