Acara Ziarah ke Makam Bung Karno, Kota Blitar, Dalam Haulnya Tetap Diadakan

0
19 views

Blitar, Infobanua.co.id – Bulan Juni indenntik dengan Bulan Bung Karno, karena di Bulan Juni terdapat tiga sejarah yang tidak terlupakan bagi Bangsa Indonesia. Yakni lahirnya Pancasila, Lahirnya Bung Karno, dan Bung Karno mangkat, semua ada di bulan Juni.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, mengatakan bahwa, tradisi ziarah ke Makam Presiden Pertama RI Ir.Soekarno alias Bung Karno di Blitar, akan tetap digelar pada Bulan Juni atau biasa disebut dengan Bulan Bung Karno meskipun di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 atau covid-19.

Menurut Djarot, di Kompleks Makam Bung Karno, Blitar biasanya digelar 3 acara besar di bulan Juni yakni Hari Kelahiran Pancasila 01 Juni, Hari Lahir Bung Karno 06 Juni, dan Hari Wafatnya Bung Karno 21 Juni.

Djarot menerangkan bahwa, pihaknya sudah mulai berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Blitar agar mempersiapkan lonjakan peziarah yang biasa terjadi pada tanggal tersebut agar tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman di Blitar, karena di Blitar akan diadakan ziarah ke Makam Bung Karno pada tanggal 06 Juni nanti, tetapi dengan protokol covid-19 dengan tidak melibatkan banyak orang tentunya,” kata Djarot dalam jumpa pers virtual DPP PDIP, Rabu 27-05-2020 tadi siang.

Selain itu, mereka juga akan mempersiapkan beberapa teknis penyiaran agar ketiga kegiatan itu bisa disiarkan secara virtual.

“Jadi tiga acara itu saya pikir tetap berlangsung di Blitar dengan kemasan yang baru, baik secara fisik maupun virtual,” jlentrehnya.

Untuk diketahui Kompleks Makam Bung Karno sempat ditutup untuk umum mulai 18 Maret 2020 untuk disterilkan mengggunakan cairan disinfektan demi mencegah penyebaran virus covif-19.(Eko.B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.