Brigjen Argo Yuwono : Kamtibmas Secara Nasional Tetap Terkendali

0
20 views

Jakarta – Mabes Polri mengemukakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat secara nasional masih terkendali. Namun, kejahatan jalanan memang menonjol belakangan ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat yang segera menjabat Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menyatakan, permasalahan sosial ekonomi yang terjadi akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19 belum sampai mengganggu situasi kamtibmas secara keseluruhan. Kemudian Argo mengatakan, berdasarkan data Mabes Polri terjadi penurunan angka kejahatan sebesar 19,90 persen dalam periode Maret-April.

“Secara umum situasi Kamtibmas di seluruh Indonesia dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali. Bahkan menurut catatan data statistik kejahatan Kepolisian bahwa pada periode bulan Maret dan April terjadi penurunan yang sebesar 19,90 persen,” ujar Argo melalui video conference dari Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Argo menjelaskan, pada Maret 2020 Mabes Polri mencatat terjadi 19.128 kasus kejahatan dan pada bulan April mengalami penurunan yang cukup signifikan menjadi 15.322 kasus. “Khusus pada Minggu ke-16 dan Minggu ke-17 terjadi penurunan sebesar 1,34 persen dengan perincian jumlah kejahatan pada Minggu ke-16 sebanyak 3.587, sedangkan untuk Minggu ke-17 sebanyak 3.539 atau mengalami penurunan sebanyak 48 kasus,” katanya.

Lebih jauh Argo menerangkan, kenaikan angka kejahatan jalanan naik secara kuantitas dan kualitas pada kejahatan jalanan seperti penjambretan, perampokan, pencurian bermotor dan pembongkaran mini market. Dengan kecenderungan ini, Mabes Polri pun menindak lanjutinya sesigap mungkin.

“Jadi (menghadapi) kriminalitas, polisi memberdayakan petugas keamanan bahwa di setiap perumahan dan kawasan ada yang jaga disana. Dan kami memanfaatkan orang tersebut yang ada disana untuk membantu, memberikan rasa aman kepada warga,” pungkasnya. Ditulis Okta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.