Komisi IV DPRD Kab.Blitar, Himbau Pemkab. Agar Pembagian Bansos Tepat Sasaran

0
13 views
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Sugeng Suroso.

Blitar, Infobanua.co.id – Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar telah berulang kali melakukan pemanggilan pada Kepala Dinas, terkait pembagian Bantuan Sosial (Bansos) di era Pandemi virus covid-19.

Dewan menginginkan agar pembagian Bansos bisa merata dirasakan oleh masyarakat.

Komisietua IV DPRD Kabupaten Blitar, Sugeng Suroso mengatakan bahwa, saat ini bantuan banyak jenisnya digulirkan pemerintah, baik itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Sejumlah bantuan itu ada yang tidak tepat sasaran, bahkan di bantuan pemerintah pusat seperti PKH dan BPNT ditenggarai banyak penerima dobel.

Makanya perlu adanya evaluasi agar penerima bantuan lebih tepat sasaran dan memenuhi asas pemerataan. Khususnya bantuan yang digulirkan oleh ABPD Kabupaten Blitar, diharapkan bisa menutup bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Bansos APBD inilah yang nantinya akan menjadi target Pemkab Blitar dalam hal pemerataan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Evaluasi data akan meminimalisir bagi KPM untuk mendapat bansos secara dobel. Sehingga perlu saksama dalam hal pengiriman data maupun proses realisasinya,” kata Sugeng, kepada awak media, Selasa 12-05-2020.

Menurut Sugeng bahwa, dalam pengadaan bantuan barang atau bahannya dibeli dari para UMKM produk asli Kabupaten Blitar. Harapannya bisa membantu menggeliatkan kembali usaha rakyat yang sempat melemah dan sepi dengan uluran tangan pemerintah yang membeli produk mereka.

“Sebagai contoh, membeli beras dari Gapoktan Blitar, telur diambil dari koperasi Putra Blitar, begitu pula masker dan jajanan lain dengan menggandeng para UMKM,” pungkasnya. (Eko.B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.