Menjemput rezeki atau wabah ? Dilema para pengumpul recehan di saat Pandemi Coronavirus

0
9 views

Banjarbaru – para tunawisma musiman dan tunanetra seakan berkolaborasi berkumpul ditempat dan waktu yang sama di depan Gedung PLN Unit Induk Kalimantan Selatan dan Tengah di Jalan Panglima Batur no 1. Ada yang sendiri, suami-istri, bahkan ada lengkap dengan anggota keluarga.

Mereka berkumpul, tidak hanya tahun ini saja beberapa tahun yang lalu juga demikian ditempat dan waktu yang sama. Layaknya sebuah reuni bukan tanpa sebab, mereka lebih menyukai tempat ini seperti yang di ungkapkan seorang abg sebut saja Didi ” disini nyaman mang ai, mendapat duit orangnya royal kada engken ” ( disini mudah mas, mendapatkan uang orang-orangnya pada dermawan) menurutnya lagi kadang bila cuaca baik bisa memperoleh uang ratusan ribu dalam satu hari, apalagi mendekati hari raya seperi saat ini.

Sebenarnya mereka telah melanggar peraturan PSBB dengan mengindahkan ‘ Physical distancing ‘ tetapi warga disekitar merasa tidak tega menegur dan berharap pihak terkait yang melakukannya demi kebaikan mereka sendiri.

Karena tujuan mereka disini untuk menjemput rezeki bukan untuk menjemput wabah. Namun, menjadi dilematis disaat ini walaupun beberapa dari mereka mengetahui tapi tempat ini begitu strategis bagi mereka menguntungkan dari segi pendapatan juga terletak dipusat kota Banjarbaru.

Warga yang lewat ada yang memberikan uang ada juga nasi bungkus dan kotak buat berbuka biasanya sore mereka memperolehnya , apalagi sekarang hari Jum’at yang merupakan berkah bagi mereka sebab bersedekah di hari Jum’at mendapatkan dua kali lipat pahala dibanding hari lainnya.

Yanuar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.