Penyaluran Bansos Tunai dan BLT Dana Desa di Kecamatan Babirik ‎untuk Keluarga Terdampak Covid-19 Lancar

0
26 views

Amuntai, Ratusan keluarga penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari 13 desa se Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan pencairan tahap pertama sebesar Rp600 ribu. Pencairan untuk bulan April 2020 ini dibayarkan PT. Pos Indonesia Kecamatan Babirik dengan mengambil tempat di SMPN 1 Babirik kepada keluarga terdampak Virus Corona (Covid-19).

‎Selain bansos tunai, di kecamatan ini pula dilakukan pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa. Penyaluran dana bantuan ini di pusatkan di Kantor Kecamatan Babirik dengan maksud untuk membantu para keluarga yang terdampak virus corona.

‎Demi kelancaran dan ketertiban penyaluran Banos Tunai maupun BLT Dana Desa. Tampak sejumlah kepala desa dan aparaturnya mendampingi warganya. Bahkan aparat keamanan dari kepolisian maupun TNI dan Linmas juga turut terlibat. Walaupun sebelumnya para penerima manfaat telah diberikan undangan khusus yang wajib dibawa saat pengambilan bantuan.

Untuk bansos tunai, para penerima manfaat diwajibkan membawa dan memperlihatkan undangan kepada petugas yang dilengkapi barcode maupun nomor identitas diri. Kemudian diwajibkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau sejenisnya dan Kartu Keluarga (KK) asli.

Sedangkan untuk pengambilan BLT Dana Desa tidak jauh berbeda, yakni sama juga para penerima manfaat harus membawa undangan dan menunjukkan ke petugas Bank Kalsel Cabang Amuntai.

Dihadapan sejumlah awak media, Selasa (19/5) kemaren Camat Babirik Harunnurrasyid, SE mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terkait dengan penyaluran Bansos Tunai maupun BLT Dana Desa. Sehingga penyaluran berjalan tertib, aman dan lancar. Apalagi pencairan kedua jenis bantuan untuk keluarga terdampak Covid-19 di wilayahnya secara berbarengan.

“Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, begitu juga keluarga penerima bantuan sangat tertib, sehingga proses pencairan berjalan lancar,” ujarnya.

‎Mengingat bantuan pemerintah ini dimaksudkan untuk membantu para keluarga terdampak virus corona, yakni selama pandemi setiap warga diminta untuk berada di rumah saja. Alhasil mayoritas aktivitas perekonomian warga jadi terganggu. Akibatnya tidak sedikit warga terkendala dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Gunakan bantuan yang diterima dengan bijaksana untuk memenuhi kebutuhan pokok (sembako), bukan untuk yang tidak penting. Kita tidak tahu kapan berakhir pandemi Covid-19 ini. Taati protokol pencegahan yang telah ditentukan pemerintah,” tegasnya.

Salah satu penerima manfaat BLT Dana Desa bernama Rahmawati mengaku bersyukur mendapat bantuan. Ia juga tidak menyangka begitu dahsyatnya virus corona ini. Guru ngaji ini berharap setiap orang harus melakukan tindakan nyata yang bersifat positif. Apabila masing-masing orang hanya mengedepankan kepentingan sendiri-sendiri. Menurutnya bukan mustahil virus ini bisa memakan korban dalam jumlah besar.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini dapat meringankan kami dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan semoga virus corona segera sirna,” tuturnya.

Untuk diketahui, penyaluran dana Bansos Tunai ‎berjumlah 471 keluarga yang berasal dari 13 desa. Desa Babirik Hilir 75 keluarga, Babirik Hulu 41keluarga, Sungai Dalam 18 keluarga dan Sungai Durait Hilir 45 keluarga. Selanjutnya desa Sungai Durait Hulu 52 keluarga, Hambuku Lima 45 keluarga, Sungai Luang Hulu 23 keluarga dan Hambuku Baru 27 keluarga. Berikutnya desa Hambuku Hilir 16 keluarga, Sungai Nyiur 6 keluarga, Sungai Luang Hilir 48 keluarga, Kalumpang Dalam 29 keluarga dan Kalumpang Luar 46 keluarga.

Sedangkan untuk BLT Dana Desa Sebanyak 132  Keluarga yang berasal dari tiga Desa, yakni Sungai Nyiur 17 keluarga, Pajukungan Hilir 44 keluarga dan Kalumpang dalam 71 keluarga. Untuk desa-desa berikutnya akan dilakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan pihak bank. Fai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.