PT MBG Diduga Beraktivitas di Komplek Pekuburan, Ahli Waris Gelar Ritual Palas Pali

0
31 views

Muara Teweh – Ketahuan melakukan aktivitas penggarapan lahan pada 13 Mei 2020. PT Multi Persada Getra (MBG) atau PT SAL perusahaan perkebunan kelapa sawit di komplek pekuburan Sipung Ogang Mabuty Desa Sei Rahayu I Kecamatan Teweh Tengah Barito Utara Kalimantan Tengah.

Salah satu ahli waris Hendrik Saputra dan Badap penghulu adat, Rabu (28/5/2020) melakukan ritual Palas Pali. “Nenek moyang kami ini hingga ada orang Dusun Bayan yang tinggal di daerah Sungai Barito. Memiliki keyakinan agama Kaharingan hingga sampai anak cucu dan cicit. Sehingga jika ada kerusakan pekuburan. Tentu jadi tanggung jawab ahli waris untuk memperbaiki,” katanya.

Kata Hendrik, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan selaku pelaku penggarapan dan pengrusakan.

Ditempat yang sama Aryosi Jiono mewakili Majelis Agama Hindu Kaharingan mengatakan, jika dilihat secara kasat mata ini benar pekuburan umat hindu kaharingan. Karena umat kaharingan kalau meninggal pasti diikut sertakan dalam kuburanya barang-barang seperti Tilam, piring, gelas, sendok, panci dll yang di sebut adalah barang Pangumba

“Kami berharap semoga nanti bisa mendapatkan solusi dan respon yang baik dari pihak perusahaan agar masslah tersebut bisa secepatnya klir, kerna menurut pengalaman bahwa apabila tergarap sebuah pekuburan pastinya pihak perusahaan memiliki toleransi, kerna jika ini memang kuburan berarti pihak perusahaan jelas bersalah,” kata Aryosi.

Pada acara Palas Pali juga hadir, perwakilan perusahaan bagian keamanan ) diantaranya, Dangdut, Indra dan Yongki setidaknya mereka mewakili dari sisi keamanan kata Indra W. (Hsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.