Awasi Pelaksanaan Anggaran, DPRD HSS Sepakat Bentuk Pansus Covid-19

60 0

KANDANGAN – DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyepakati membentuk Panitia Khusus (Pansus) Dana Covid-19 dalam rangka pengawasan dan pengawalan terhadap efektivitas penggunaan anggaran oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di masa tanggap darurat wabah tersebut.

Keputusan membentuk pansus, setelah DPRD menggelar rapat kerja dengan Tim Gugus Tugas, yang dihadiri Sekda HSS HM Noor sebagai ketua, Kadinkes HSS dr Hj Siti Zainab sebagai juru bicara serta dr Hj Rasyidah Direktur RS H Hasan Basry Kandangan dan anggota tim gugus tugas lainnya.

Rapat kerja terkait penggunaan anggaran covid-19 itu, dipimpin Ketua DPRD HSS H Ahmad Fahmi.

Pada kesempatan itu, sejumlah anggota DPRD meminta penjelasan berbagai hal, termasuk SOP penanganan pasien covid baik status ODP, PDP hingga positif.

Anggota dewan juga mempertanyakan tak dimasukkannya perwakilan DPRD dalam tim gugus tugas, meski sudah diusulkan.

“Dilibatkan atau tdak, kami sebagai wakil rakyat berhak bertanya dan meminta penjelasan. Kami anggota dewan punya daerah pemilihan, sehingga perlu tahu jika masyarakat bertanya,” ungkap Yuniarti, salah satu anggota dewan dari PKB.

Rahmad Iriadi, anggota dewan lainnya meminta Pemkab trasparan terkait program yang dilaksanakan, yang akan dilaksanakan maupun sedang dilaksanakan.

Termasuk rincian dana yang sudah dikeluarkan dan bantuan atau sumbangan dari pihak ketiga, baik berupa dana maupun logistik dan APD.

Sedangkan, Mukhlis Redhani meminta Dinsos lebih memerhatikan warga di empat kelurahan Kandangan, dengan alasan mayoritas pekerjaan warga adalah pedagang di pasar yang terdampak dan terpaksa harus keluar mencari nafkah.

Sementara, Ketua DPRD HSS H Ahmad Fahmi mengatakan, ada sisi positif jika DPRD dilibatkan digugus tugas, karena secara otmatis turut mengetahui dan mengawasi.

“Karena tidak ada, banyak sekali pertanyaan dari anggota DPRD pada rapat kerja ini. Termasuk rincian penggunaan dana covid. Kami minta dalam waktu dua hari data rincian per SKPD sudah disampaikan, setelah kami kasih surat,” kata Fahmi.

Sebelumnya, Sekda HSS menyampaikan berbagai program yang selama ini dilakukan Pemkab HSS dalam pencegahan dan penanganan virus corona yang mengacu pada keputusan bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri keuangan.

Regulasi keuangan mewajibkan semua daerah fokus terhadap penanganan Covid 19 di masing-masing daerah terdampak.

Adapun dana anggaran, difokuskan pada bidang kesehatan, meliputi sarana dan prasarana untuk Dinas Kesehatan, Puskesmas, serta RS H HAsan Basry yang ditunjuk sebagai salah satu rujukan penanganan Covid 19 di Kalsel.

Anggaran juga diarahkan untuk dampak ekonomi serta penyediaan jaring pengaman sosial, dalam hal ini bantuan sosial di luar dana desa dan dana Dinsos.

“Kami sudah berikan informasi secara terbuka, berdasarkan data. Jika ingin lebih rinci kami siapkan pada kesempatan berikutnya,” kata Sekda.

Terkait pansus, menurut Sekda merupakan hak DPRD.

Yang jelas, menurutnya tim gugus tugas bekerja sesuai aturan. Semua anggaran yang dikeluarkan pun bisa dipertanggungjawabkan.

“Jika ingin melakukan pengawasan, bisa di forum-forum lain meminta penjelasan kami. Bukan pasif menunggu. Sebenarnya setiap pergeseran anggaran, sudah disampaikan secara resmi kepada pimpinan dewan sesuai aturannya. Jadi tidak ada hal yang ditutup-tutupi,” kata Sekda.

Berkaitan hal teknis, permasalahan tentang Covid-19 agak menegangkan dengan situasi darurat dan serba cepat.

“Kami memaklumi, mungkin anggota dewan juga menghadapi konstituennya, sehingga ada hal yang mereka pertanyaan kepada Pemkab”, kata Sekda.

Dijelaskan, anggaran yang ditarik dari dana tanggap darurat untuk covid-19 Rp 32 miliar lebih.

“Berapa yang sudah terpakai dan tersisa masih dalam laporan. Realisasinya belum sebesar itu. Jika tak terpakai, tentu dikembalikan,” pungkasnya.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com