Bupati HSS Pantau Penyaluran BST Kemensos, ZIS ASN Langsung Diantar ke Rumah Warga

  • Whatsapp

KANDANGAN – Pemkab Hulu Sungai Selatan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Kementrian Sosial, mulai Sabtu 9 Mei 2020.

Penyaluran dilaksanakan di Kantor PT Pos Kandangan dipantau Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad. Sebelumnya, dilaksanakan launching dan penyerahan secara simbolis kepada dua warga penerima.

Adapun mereka penerima adalah warga HSS mereka yang terdampak akibat situasi pandemic covid-19, dimana sumber mata pencahariannya terganggu.

Bantuansenilai Rp 600 ribu itu untuk periode April, Mei dan Juni.

Adapun total penerimanya 9.329 keluarga, tersebar di seluruh kecamatan. Program ini bertujuan meringankan beban beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Bupati HSS berharap, para penerima memanfaatkannya sesuai tujuan pemerintah, yaitu memenuhi kebutuhan pokok.

“Kepada masyarakat yang tidak menerima BST ataupun BLT-Dana Desa, sementara di rumah tidak punya beras untuk makan dan tak mampu membeli, segera melapor kepada pemerintah. Baik melalui lurah, camat atau Dinas Sosial. Kami tak ingin ada masyarakat yang kelaparan karena tak mampu beli beras,”kata Fikry.

Selain di Kecamatan Kandangan, Bupati HSS juga memantau penyaluran BST di Kecamatan Daha Selatan di halaman Kantor Pos setempat.

Dijelaskan, tujuan pemantauan ke lokasi, untuk memastikan pelaksanaan penyerahan Dana BST berjalan lancer. Bantuan sampai kepada mereka yang benar benar sesuai kategori dan persyaratannya.

Di kantor Pos Cabang Daha Selatan itu, bupati didampingi Camat Daha Selatan Nafarin dan Forkopimca.

Pencairan BST melalui PT Pos Indonesia juga mendapat pengamanan dari kepolisian.

Bupati menyampaikan, program BST diperuntukkan bagi masyarakatkategori miskin/berpenghasilan rendah. ‎

Sebelumnya, Bupati HSS bersama Wabup, Sekda serta kepala SKPD terkait menyerahkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) dari para ASN kepada warga yang berhak menerima serta warga dan warga yang terdampak akibat wabah Covid 19.

ZIS dari ASN Pemkab HSS itu dikoordinir pengumpulannya oleh KORPRI. Selanjutnya dikumpulkan di Bagian Kesra , sebelum diserahkan berupa paket sembako.

Pembagian diantar Bupati ke rumah-rumah warga di wilayah Kecamatan Kandangan, sekaligus memberi semangatagar warga tetap tegar dan sabar menghadapi situasi saat ini.

Menurut Fikry, dengan melihat sendiri situasi di lapangan, bisa membuat kebijakan yang tepat untuk warga HSS. Bagi masyarakat yang masih produktif, akan diberikan bantuan untuk mengembangkan usahanya kedepannya.

Sumber:  banjarmasin.tribunnews.com 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *