Keterangan Bebas Covid-19 Banyak Dicari Warga Kab.Blitar

oleh -1 views

Blitar, Infobanua.co.id – Sejak diberlakukannya surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19 untuk perjalanan ke luar kota. 400 lebih warga Kabupaten Blitar mengajukan permohonan surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19. Dan ditolak karena positif covid-19 berdasarkan hasil swab tenggorokan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan bahwa, mulai bulan Mei sampai pertengahan Juni 2020 ini tercatat sudah ada sekitar 400 lebih warga Kabupaten Blitar yang mengurus surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19 di Dinkes Kabupaten Blitar yang digunakan untuk kembali bekerja ke luar daerah.

“Dalam sehari rata-rata ada 60 pemohon surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, kepada awak media, Selasa 16-06-2020.

Menurut Krisna, pada bulan Mei tercatat di Dinkes Kabupaten Blitar sudah menerbitkan 155 surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19, sementara bulan Juni sejak tanggal 01 hingga 12 Juni sudah 310 surat keterangan sehat yang diterbitkan.

“Untuk mendapatkan surat pemeriksaan bebas covid-19 untuk perjalanan luar kota, pemohon harus menyertakan hasil rapid test maupun hasil swab tenggorokan yang dilakukan secara mandiri oleh pemohon di rumah sakit,” terangnya.

Jika hasilnya non reaktif rapid test maupun negatif swab tenggorokan, maka surat pemeriksaan bisa diterbitkan.

Dari 400 warga, ada 2 warga Kabupaten Blitar di antaranya, warga Kecamatan Selopuro dan warga Kecamatan Sutojayan diketahui tidak bisa mendapat surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19 karena hasil swab menunjukkan positif, sehingga harus dilakukan observasi di rumah sakit.

“Dari ratusan pemohon surat keterangan pemeriksaan bebas covid-19, di Kabupaten Blitar mayoritas mereka hendak pergi ke Jakarta maupun luar Jawa seperti ke Bali, Batam, Kalimantan dan lainnya untuk bekerja,” pungkasnya (Eko.B)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.