Pemugaran Rumah Kelahiran AK.Gani “Pahlawan Nasional” Dipalembayan, Selesai Dikerjakan

  • Whatsapp

Palembayan Agam, Infobanua.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pemugaran terhadap (Perbaikan) rumah kelahiran Adnan Kapau Gani di Kampung kelahirannya Lerang Jorong Palembayan Tangah, Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam – Sumatera Barat.

Anggota DPRD Agam, AR Yutinof mengatakan, perbaikan dan pemugaran rumah kelahiran pahlawan nasional asal Palembayan tersebut sudah terealisasikan melalui Pokir Anggota DPRD tahun 2019 ini oleh Pemda Agam melalui Dinsos dengan anggaran lebih kurang Rp 130 juta, dan saat ini rumah kelahairan Pahlawan Nasional tersebut sudah selesai di kerjakan dan di perbaikan dengan baik.

“Kita melakukan banyak perbaikan dan renovasi karena saat ini kondisi rumah semi permanen, dengan dinding sudah lapuk dan banyak kropos, kaca jendela banyak pecah dan terancam rubuh, selain itu kita juga berencana mengganggarkan untuk pembuatan pagar dan lahan pakir untuk para pengunjung nantiknya yang datang,” terang anggota DPRD Agam Ar Yutinof dan juga Tokoh Masyarakat setempat.

Dilanjutkan AR Yutinof, kedapannya rumah tersebut sengaja dibuat khusus untuk kunjungan wisata sejarah dengan menampilkan foto dan benda peninggalan AK Gani. “Kita sudah berkoordinasi dengan para perantau, untuk mengumpulkan kembali bukti sejarah AK Gani, dan kedepanya kita juga akan membangun sebuah monumen (Tugu) tepatnya di persimpangan menuju lokasi dan menyediakan juga lahan pakir nantiknya”. Ungkap Ar Yutinof.

Ketua Umum Ormas “Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan ( GPPKP) Rusman Hakim mengapresiasi penuh dalam hal kegiatan perbaikan dan pemugaran peninggalan sejarah Indonesia ini.

Menurutnya, banyak generasi muda Kecamatan Palembayan yang tidak mengetahui bahwa ada nenek moyang mereka yang mempunyai andil besar dalam memperjuangkan kemerdekaan, hal itu disebabkan karena tidak adanya monumen atau peninggalan sejarah, untuk tempat mereka belajar dan mencari informasi.

“Generasi muda Kecamatan Palembayan harus bangga karena mempunyai nenek moyang yang hebat dalam ikut memperjuangkan dan merebut kemerdekaan, serta bisa menjadi panutan untuk masa yang akan datang. Sejarah ini akan terus mengalir di darah Pemuda Kecamatan Palembayan sampai akir zaman nantiknya. Tegas Ketum GPPKP.

Adnan Kapau Gani lahir di Lereang, Palembayan Ta­ngah Kenagarian Palembayan Ke­camatan Palembayan (40 km dari Kota Bukittinggi) Ka­bupaten Agam. Bapak be­li­au bernama Abdoel Gani ber­gelar Sutan Mangkuto se­orang Guru berasal dari Su­ngai Taleh, Nagari Baringin Ke­camatan Palembayan dan Ibuknya bernama Siti Roba­yah. AK Gani merupakan anak kedua dari 5 (Lima) orang ber­sau­­dara.

“Dalam catatan sejarahnya, Mayjen TNI (Purn) A.K Gani lahir di Palembayan, Agam, pada tanggal 16 September 1905 dan meninggal di Palembang, Sumatera Selatan pada 23 Desember 1968”.

Dalam dunia militer, Ia terkenal sebagai ahli dalam menyusup, tidak hanya itu, AK Gani juga seorang ahli kesehatan dan  politisi, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri pada Kabinet Amir Sjarifuddin dan Kabinet Amir Sjarifuddin II, pada masa awal kemerdekaan.

Lanjut, sebagian orang mungkin mengira Adnan Kapau Gani atau yang biasa dikenal dr AK Gani adalah Pahlawan Nasional yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Namun pada kenyataannya AK Gani merupakan putra daerah yang berasal dari Palembayan, Kabupaten Agam – Sumatera Barat.

Kita sangat menyakini dari rumah bersejarah yang menjadi saksi bisu tempat kelahiran AK Gani tersebut. Hanya saja rumah tersebut selama ini luput dari perhatian pemerintah, sehingga rumah itu dibiarkan terbengkalai. Namun saat ini tahun 2020 rumah yang menjadi sejarah kelahiran AK.Gani sudah selesai di perbaiki dan di renovasi.

Saat ini rumah tersebut sudah selesai di kerjakan pemugaran oleh Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Bertempat di Kampung Lerang, Jorong Palembayan Tangah, Nagari Ampek Koto, rumah tempat kelahiran AK Gani ini nantinya akan terus dipercantik dan dibuatkan monumen tugu Pahlawan dan juga dijadikan sebagai tempat wisata bersejarah seperti rumah kelahiran pahlawan nasional asal Sumbar lainnya yakni Buya Hamka yang berada di Kampung Muaro Pauh, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *