Walikota Blitar, Meletakkan Tiang Pancang Pertama, Tanda Pembangunan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar, Dimulai

oleh -11 views

Blitar, Infobanua.co.id – Sudah saatnya Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, mempunyai perguruan tinggi negeri.

Hari ini Rabu, 18-06-2020, Walikota Blitar, Santoso memimpin peletakan tiang pancang pertama pembangunan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar, yang dibangun di bekas Rumah Sakit Mardi Waluyo, Jalan dr. Sutomo. Yang nantinya akan menjadi perguruan tinggi negeri pertama di Kota Blitar.

Walikota Blitar, Santoso mengatakan bahwa, pembangunan kampus negeri ini merupakan cita-cita Pemerintah Kota Blitar. Untuk mewujudkan pendidikan tinggi negeri yang representatif bagi masyarakat Kota Blitar.

“Sudah lama akademi ini saya gagas sejak menjadi kepala dinas pendidikan dan kampus mulai dirintis tahun 2012. Alhamdullilah tahun ini sudah berdiri, menjadi kampus negeri pertama di Kota Blitar,” kata Santoso, yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan ini, kepada awak media infobanua.co.id.

Menurut Santoso bahwa, pembangunan pertama yang bertepatan dengan bulan Bung Karno, Dia berharap ikut menorehkan sejarah baru. Mencerdaskan anak Kota Blitar dengan pendidikan tinggi yang murah dan mudah dijangkau.

“Berdirinya kampus akan mempermudah masyarakat menempuh jenjang pendidikan tinggi di kampus negeri. Dan mudah-mudahan ini juga membawa perubahan baru khususnya pengembangan ekonomi masyarakat di Kota Blitar,” jlentrehnya.

Masih menurut dia, pada pertengahan bulan Desember tahun ini, pembangunan ditargetkan selesai dengan berdiri kantor sekretariat dan satu gedung perkuliahan. Pembangunan anggarannya berasal dari APBN, untuk tahun ini ada Rp 21 miliar dan yang terealisasi Rp 17,6 miliar. Direncanakan beroperasi tahun 2021 dan dilanjutkan lagi dengan membangun fasilitas lain.

“Pembangunan dilakukan multiyears, tahun ini dianggarkan Rp.21 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Dikti. Dengan Kota Blitar sharingnya Pemda menyiapkan lahan. Pada 2021 akan dianggarkan lagi pembangunannya yang pastinya megah menjadi kebanggaan masyarakat Kota Blitar,” pungkas Santoso. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.