19 Wirausaha Pemula HSS Terima Bantuan, Bupati HSS Terima Hazmat dari Disnakerkop

0
4 views

KANDANGAN- Sebanyak 19 wirausaha pemula dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendapatkan bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Dana bantuan tersebut diserahkan Bupati HSSS H Achmad Fikry Rabu (17/6/2020) di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Koperasi , Usaha Kecil dan Perindustrian HSS.

Masing-masing dari mereka mendapatkan bantuan bervariasi, mulai dari Rp. 10.000.000,- sampai Rp. 12.000.000,- per orang dengan total Rp. 215.000.000.

Di Kalsel, hanya dua daerah yang mendapatkan kucuran dana tersebut, yaitu 19 orang untuk wirausaha di HSS dan tiga orang untuk wira usaha pemula Hulu Sungai Tengah.

“Bantuan dari kementrian ini kita dapatkan berkat gerak cepat Disnakerkop UKP HSS. Sebelum refokusing dana untuk covid-19 kita sudah mengajukannya. Alhamdulillah dapat untuk 19 orang,”kata Bupati.

Penyerahan Hazmat Suit, karya perajin lokal hasil Bimtek IKM di bidang konveksi, oleh Kadisnakerkop-UKP Hendro Martono, kepada Bupati HSS selalu Ketua GUgus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 HSS

Pemkab HSS, kata Fikry akan terus melakukan pendampingan kepada wirausaha pemula ini, terlebih dimasa pandemi sekarang.

“Kita akan mendorong UMKM ini untuk terus berkembang. Hasil produk mereka bisa disandingkan dengan tempat-tempat pariwisata di HSS”, tutur Bupati.

Pada kesempatan itu Disnakerkop UKP juga menyerahkan bantuan 65 lembar baju hazmat level 2 untuk disalurkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 HSS.

Hazmat tersebut, hasil bimtek IKM yang dilaksanakan beberapa waktu. Bantuan diteriakan Bupati HSS, selaku Ketua GTPP-Covid-19 HSS.

Turut hadir mendampingi Bupati HSS, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekda H Muhammad Noor dan Asisten Administrasi Pembangunan Kemasyarakatan Sasmi Rifani.

Kepala Disnakerkop UKP HSS Hendro Martono MT menjelaskan, Hazmat Suit level 2 merupakan hasil produk tujuh Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak di bidang konveksi.

Mereka dibina saat kegiatan Bimtek dari alokasi dana Kementerian Koperasi-UKM. Bimtek dilaksanakan selama 5 hari, dari 2 Juni – 6 Juni 2020 lalu, didampingi Instruktur lokal dari LKP Reza Tibung Raya. Juga diawasi Kepala Dinas Kesehatan HSS untuk standarisasi medisnya.

“Semoga 65 lembar Hazmat Suit ini bermanfaat untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di HSS”, kata Hendro.

Sumber:  banjarmasin.tribunnews.com 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.