Pengusaha Kandang Ayam Di Batujaya Tak Indahkan Upaya Persuasif DLHK, LMP Minta Satpol PP Segera Segel

  • Whatsapp

Karawang, Infobanua.co.id – Pembangunan kandang untuk berternak ayam di area pesawahan produktif seluas 1,2 Ha yang ada di Dusun Karangmulya RT/RW 10/03 Desa Segarjaya, Kecamatan Batujaya, Karawang – Jawa Barat yang sebelumnya diduga tidak memiliki izin, hingga menjadi sorotan publik mendapat respon serius dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang. Selasa 17 Desember 2019, berdasarkan dari keterangan Kepala Dinas LHK, Wawan Setiawan. Bahwa pembangunan kandang tersebut yang di bangun oleh PT Berkah belum ada dokumen permohonan izin kepada Dinas, seperti yang di ungkap Andri Kurniawan selaku pengurus Laskar Merah Putih (LMP) Karawang.

Untuk yang kesekian kalinya, Andri berstatement perihal pembangunan kandang ayam di Batujaya tersebut, ia kaget ketika mengetahui belum juga di eksekusinya pembangunan kandang ayam yang menabrak aturan tersebut. Sambil menghadapi beberapa awak media yang mewawancaranya, Andri juga menghubungi Kadis LHK Karawang.

Dari hasil komunikasinya dengan Kadis LHK, bahwa kendalanya pada waktu itu karena Pemerintah mulai di sibukkan dengan penanganan Pandemi Covid – 19 atau wabah Virus Corona. Namun Andri menjelaskan, sehabis hari raya Idul Fitri yang lalu, DLHK Karawang sudah melakukan audiensi dengan salah satu Lembaga Swadaya. Masyarakat yang juga mempersoalkan keberadaan kandang ayam tersebut.

“Barusan saya sudah contact pak Wawan. Ternyata DLHK Karawang sudah mengundang investornya secara baik – baik dan formal, tapi yang bersangkutan tidak memenuhi undangan DLHK Karawang. Padahal tujuan DLHK baik, bisa saja di carikan solusinya, atau di arahkan untuk mengurus dokumen perizinannya. Agar usahanya menjadi legal.”, Kata Andri.

“Tapi upaya persuasif DLHK malah di abaikan, ini jelas sudah tidak dapat di tolerir lagi. Tidak ada lagi cara lain, selain Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Gakda Satpol PP) melakukan tindakan dengan cara menyegel.”, Andri mendesak.
Senin, 22/06/2020

“Dasar Gakda Satpol PP melalukan tindakan sudah sangat jelas, karena Kadis LHK Karawang sudah dengan jelas dan tegas mengatakan bahwa kandang ayam di Batujaya itu ilegal atau belum memiliki dokumen perizinan apa pun.”, Tandas Andri.

“Saya tidak mau tahu, pekan ini jika tidak kooperatif juga pada upaya persuasif DLHK. Saya mendesak Gakda Satpol PP agar segera turun ke lokasi dan membawa segel. Segera lakukan penyegelan. Di mana wibawa Pemerintah kalau setiap pelanggaran terhadap aturan, khususnya pada Peraturan Daerah (Perda) di biarkan begitu saja!”, Tegasnya.

“Di Karawang ini sudah sering kali terjadi pelanggaran terhadap Perda yang di lakukan oleh kalangan investor. Berinvestasi itu baik, bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah, tapi kalau tidak memiliki izin, bagaimana bisa berkontribusi?”, Pungkasnya.

Iswanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *