Penderita Corona di Kabupaten Blitar, Sangat Merasahkan, Tapi Penyembuhannya Juga Naik Diatas 50%

  • Whatsapp

Blitar, Infobanua.co.id – Pandemi Corona Virus Disease-19 atau covid-19, di Kabupaten Blitar, memang sangat meresahkan, namun tingkat kesembuhannyapun sangat sinifikan.

Meski sempat dalam sehari ada 6 warga Kabupaten Blitar dinyatakan positif covid-19, namun tingkat kesembuhan pasien positif covid-19 sampai saat ini di atas 50 porsen.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan bahwa, kasus positif covid-19 di Kabupaten Blitar data per Senin 29 Juni 2020 kemarin, bertambah drastis dalam sehari.

Ada tambahan 6 pasien positif covid-19. Mereka terdiri dari 4 pria warga Kecamatan Wlingi, Nglegok, Selopuro dan Srengat. Sedangkan 2 positif covid-19 lainnya wanita masing-masing warga Kecamatan Gandusari dan Binangun.

“Dari 6 pasien positif covid-19 yang baru itu, 2 di antaranya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Blitar, seorang wanita (38) dari Kecamatan Gandusari yang memiliki riwayat penyakit sesak nafas sudah lama,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, kepada awak media, Selasa 30-06-2020.

Menurut Krisna, ASN pasien kedua seorang pria (57) warga Kecamatan Srengat yang sebelumnya mengikuti rapid test lintas sektoral dengan hasil reaktif, sehingga dilakukan swab tenggorokan.

Sementara untuk tenaga kesehatan yang positif covid-19 meliputi laki-laki (51) asal Kecamatan Wlingi yang berprofesi sebagai dokter dan memiliki riwayat menangani pasien covid-19.

“Pasien terkonfirmasi positif covid-19 lainnya di Kabupaten Blitar, meliputi laki-laki (31) asal Kecamatan Nglegok diketahui sudah sakit di Surabaya, selanjutnya laki-laki (47) dari Kecamatan Selopuro, serta perempuan (21) dari Kecamatan Binangun yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19 dari Kecamatan Wlingi,” jlentrehnya.

Selanjutnya Krisna menjelaskan bahwa, saat ini Gugus Tugas melakukan proses tracing kontak erat pasien positif covid-19.

Data sampai Senin 29 Juni 2020 sore kemarin, jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 31 orang, meliputi 9 orang dirawat, 5 orang meninggal dan 17 dinyatakan sembuh.

Selain penambahan kasus pasien positif covid-19 angka pasien positif covid-19 di Kabupaten Blitar yang dinyatakan sembuh terus bertambah setiap harinya.

“Sampai saat ini terdata 17 pasien dinyatakan sembuh setelah swab tenggorokan kedua menunjukkan hasil negatif dan kondisi pasien yang sehat,” terang Krisna.

Data terbaru untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari Kecamatan Wlingi, Kesamben, Doko dan Wonodadi.

Pasien yang dinyatakan sembuh, tidak harus menunggu hasil swab tenggorokan negatif 2 kali. Sehingga setelah hasil swab tenggorokan kedua menunjukan negatif dan kondisi pasien sehat, maka pasien bisa dinyatakan sembuh dari covid-19.

“Jika diprosentase, tingkat kesembuhan pasien positif covid-19 di Kabupaten Blitar di atas 50 porsen karena terdata pasien positif covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 31 pasien, 17 di antaranya dinyatakan sembuh,” pungkas Krisna. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *