Bupati Balangan Berhasil Wujudkan RPJMD Tembus 95,28 Persen

0
16 views

PARINGIN – Sebuah prestasi memuaskan didapatkan Pemerintah Kabupaten Balangan di bawah kepemimpinan Bupati Balangan H Ansharuddin bersama Wakil Bupati H Syaifullah. Realisasi pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Balangan tahun 2016-2021 sedikit lagi mencapai sempurna.

Keberhasilan pencapaian RPJMD ini berdasarkan hasil dari evaluasi capaian dari awal menjabat 2016 lalu hingga 2019 tadi. Data capaian ini dibuat oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan. Rata-rata capaian misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan selama empat tahun terakhir, berada di persentase 95,28 dengan predikat sangat tinggi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan, Murjani menyebutkan, Bupati Dan Wakil Bupati Balangan memfokuskan misinya pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan. Dari misi ini Pemkab bertujuan meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas ditempuh melalui dua sektor utama yakni, Kesehatan dan Pendidikan.

Pada bidang kesehatan, menurut Murjani, Bupati menginginkan seluruh masyarakat Bumi Sanggam bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan merata. Pemkab menjamin pelayanan kesehatan kepada warganya secara gratis dalam platform BPJS kelas III.

Selain Bidang Kesehatan, Pendidikan juga menjadi kunci untuk menuju kepada sejahtera. Dengan kualitas pendidikan yang bagus, akan berdampak pada kualitas hidup yang berujung pada sejahtera masyarakat dan daerah.

“Alhamdulillah pencapaian RPJM di bidang pendidikan juga menunjukkan kualifikasi pencapaian kinerja sangat tinggi, di mana persentase keberhasilannya pada tahun 2019 mencapai 91,22%,” katanya, Jum’at (26/6/2020) kemarin.

Untuk misi pada bidang pendidikan pada tingkat capaian kinerja RKPD tahun 2019 rata rata 91,27 persen dengan predikat sangat tinggi, realisasi kinerja dan anggaran RPJMD tahun 2019 rata rata 9,70 persen dan pada tingkat capaian kinerja RPJMD 2019 rata rata 74,44 persen predikat sedang.

Angka rata-rata lama sekolah tahun 2019 berada pada angka realisasi 7,27 (berdasarkan data BPS). Realisasi 7,27 terwujud dari target tahun 2019 yakni 7,97. Keberhasilan capaian tahun 2019 sebesar 91,22%.

Menambahkan, Bupati Balangan H Anshruddin, mengungkapkan, dirinya sangat konsen dengan bidang pendidikan ini. Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian yang tinggi dari Pemerintah Kabupaten Balangan terhadap pentingnya sektor pendidikan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ini, maka seluruh peserta didik dari mulai TK, SD dan SMP baik negeri maupun swasta dibebaskan dari biaya pendidikan.

Kemudian, keberhasilan misi dibidang Pendidikan ini tidak terlepas dari upaya atau programĀ  Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pendidikan setempat yakni, pertama menerapkan dan mengimplementasikan kebijakan daerah akan pentingnya pendidikan pada semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama dan mensupport layanan pendidikan menengah atas meskipun menjadi ranah kewenangan Pemerintah Propinsi.

Kedua, melalui kebijakan pemerataan akses pada seluruh level atau jenjang pendidikan itu, salah satunya diwujudkan dengan pendirian PAUD baru di beberapa desa sehingga menambah totalitas PAUD di Balangan dan hal ini juga selaras dengan kebijakan Pemerintah Pusat mengenai “Satu desa satu PAUD”.

Ketiga, kebijakan pemerataan akses juga dilakukan pada infrastruktur sekolah menengah pertama di daerah terpencil di Balangan, hal ini sudah dilakukan secara intensif dan kontinyu oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan.

Keempat, kebijakan pemberian beasiswa bagi semua level atau jenjang pendidikan bahkan sampai pada level pendidikan tinggi dan hal ini merupakan bentuk motivasi bagi generasi muda Balangan agar selalu optimis dan semangat menyelesaikan pendidikan yang ditempuh.

“Peningkatan infrastruktur pendidikan serta kebijakan wajib belajar bagi masyarakat Balangan juga turut menjadi faktor keberhasilan pencapaian indikator ini. Pada tahun 2019 sudah mulai digagas kerjasama LKj dengan native speaker asing baik lembaga maupun perorangan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris guru dan siswa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan,” bebernya.

Anshar menyadari, setiap pelaksanaan kegiatan ataupun program tentunya tidak terlepas dari rintangan dan hambatan. Namun hal tersebut menjadikan sebuah pendewasaan, begitu pula selama empat tahun masa RPJMD yang telah dijalani ini.

“Kami akan terus berupaya maksimal mencarikan solusi yang tepat sesuai dengan regulasi dan hasil evaluasi, termasuk salah satunya bidang pendidikan,” ujarnya.

Lapsus Kabupaten Balangan/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.