Bupati Menjawab Pandangan Umum Fraksi Terhadap RANPERDA Tentang APBD Tahun Anggaran 2019

0
42 views

Gunung Mas, infobanua.co.id – Pada rapat paripurna dewan hari ini Jumat ( 26/6/2020 ) bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Gunung Mas ( Gumas ), Pemerintah Kabupaten Gumas menyampaikan tanggapan penjelasan atau jawaban atas pandangan umum fraksi pendukung dewan terhadap Rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Gunung Mas tahun 2019.

Bupati Gumas Jaya S Monong menanggapi apa yang disampaikan oleh anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) Lily Rusnikasi mengenai Rancangan peraturan daerah ( Ranperda ) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Gunung Mas tahun 2019.

Ada 4 jawaban yang di lontarkan Bupati Gumas Jaya S Monong dalam Sambutannya yang pertama, mengenai Perangkat Daerah, maka pemerintah Kabupaten Gunung Mas melakukan perampingan struktur organisasi dan penggabungan beberapa perangkat daerah sehingga jabatan struktural menjadi berkurang dengan solusi dibuka 60-an untuk pegawai negeri sipil berkarir dalam jabatan fungsionalnya Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016.

Selanjutnya yang kedua, untuk paramedis yang menangani covid-19 telah disediakan fasilitas penampungan di Hotel Gumas terkait dana operasional petugas medis yang sudah tersedia dalam rencana kebutuhan belanja Dinas Kesehatan dan RSUD Kuala Kurun dibidang penanganan kesehatan dan belanja yang tak terduga. Ketiga yaitu terkait dengan status siaga darurat bencana pandemi covid 19 di wilayah Kabupaten Gunung Mas yang rencananya posko akan berakhir pada tanggal 27 juni 2020 karena posko tersebut dianggap kurang efektif dan efisien. Selanjutnya yang keempat adalah mengenai peningkatan ruas Jalan Simpang Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh-Luwuk-Tumbang Kajuei Tahun Anggaran 2016 sepanjang 12 km dengan memperhatikan kesediaan anggaran, jelas Jaya.

“Sependapat dengan fraksi PDIP dalam menjalankan tugas dan fungsi semaksimal mungkin untuk mengedepankan transparansi yang dilandaskan dedikasi, adil, jujur, dan loyalitas sehingga menjadi daerah yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera, dan Mandiri atau Berjuang Bersama”, Ucap Bupati.

Berikutnya Jaya S Monong menanggapi atas pandangan umum yang disampaikan oleh Juru bicara fraksi Golkar Punding Merang yang dapat menerima Rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Gunung Mas tahun 2019 dan akan dibahas pada rapat selanjutnya. Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasinya terhadap perjuangan dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Gunung dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019.

Yang terakhir Bupati Gumas Jaya S Monong menjawab tanggapan atas pandangan umum yang disampaikan oleh anggota dewan dari Fraksi Partai Nasdem dan Hanura Polie L Mihing terkait dengan kondisi keuangan dan perkembangan BUMD di tahun 2019 kami pemerintah Gunung Mas telah menyalurkan penyertaan modal kepada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta bahalap, Sedangkan untuk perusahaan daerah Gunung Mas Perkasa tidak ada penyaluran penyertaan modal karena masih dalam proses pembenahan organisasi tersebut.

” Terima kasih atas sumbangan pikiran para anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas yang telah memberikan masukan yang berharga dan memperluas wawasan demi tercapainya pembangunan yang adil dan merata di wilayah Kabupaten Gunung Mas dengan motto “Berjuang Bersama” dengan falsafah Rumah Betang, Belum Penyang Hinje Simpei. Mari kita tata Kabupaten Gunung Mas yang kita cintai ini, kita bangun, kita jaga secara bersama-sama”, tandas Jaya. ( Didik Sudarmadi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.