Jelang Kemarau, Bupati Balangan Ingatkan Karhurtla Tak Kalah Penting untuk Dicegah

0
5 views

PARINGIN – Seluruh jajaran di lingkup Pemerintahan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, serta warga masyarakat diminta jangan terlena dengan pandemi Covid-19, meskipun protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan sepenuhnya.

Disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, Selasa (2/6/2020), bahwa yang tak kalah penting saat memasuki musim kemarau, yakni terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tentunya hal itu juga menjadi perhatian di tengah pandemi saat ini.

Diutarakannya, kebakaran hutan yang marak terjadi pada September 2019 lalu menyebabkan kerugian bagi banyak orang, salah satunya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Jumlah penderita ISPA akibat kebakaran hutan dan lahan yang tercatat hingga bulan September 2019 lalu yang pernah disampaikan Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, menyentuh angka 919.516 orang.

Dimana penderita ISPA tersebar pada enam provinsi yang terkena dampak karhutla.

Provinsi yang dimaksud adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan salah satunya di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Tentu saja kami tidak ingin menjadi penyumbang asap yang berasal dari Karhutla sebagai penyebab ISPA bagi warga kami sendiri ataupun warga lainnya.” ucap Ansharuddin.

Untuk itu ia berharap agar seluruh jajaran di lingkup pemerintahan kabupaten setempat serta warga masyarakat Kabupaten Balangan, bersama-sama menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Orang nomor satu di Balangan ini juga mengingatkan kondisi saat ini, yakni menghadapi wabah pandemi global Covid 19 yang belum ada vaksinnya. Sehingga jangan lagi ditambah Karhutla penyebab ISPA.

Sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.