KPU Blitar, Pastikan Pilkada di Gelar Desember 2020

0
5 views
Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso.

Blitar, Infobanua.co.id – Kementerian Dalam Negeri (Kememdagri) sudah menyampaikan dalam vidcon, bahwa keputusan Pilkada pada tanggal 09 Desember 2020 merupakan keputusan politik.

Keputusan politik pemerintah itu dituangkan dalam peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2020. Sehingga harus dilaksanakan dan didukung semua pihak, baik pemerintah, KPU, Bawaslu disemua daerah penyelenggara, termasuk Kabupaten Blitar.

Karena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 digelar ditengah pandemi virus covid-19, sehingga harus menerapkan protokol kesehatan.

“Karena Pilkada di selengarakan masih dalam pandemi covid-19, maka terkait dengan teknis, KPU akan melakukan penataan ulang. Seperti kemungkinan penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS), mencermati kegiatan dengan menyesuaikam situasi dan kondisi yang ada,” kata Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso, kepada awak media, Jum’at 05-06-2020.

Menurutnya, hasil penataan TPS sebelumnya sebanyak 2.078 TPS, banyak TPS yang jumlahnya pemilih diatas 500 orang setiap TPS, maka akan ditata ulang. Karena saat ini sudah terbit aturan baru bahwa maksimal setiap TPS hanya duperbolehkan hanya 500 pemilih saja.

“Dahulu aturannya maksimal 800 orang tiap TPS. Jadi dengan aturan baru maksimal 500 orang tiap TPS, maka kita akan tata ulang. Perkiraan penambahan TPS mencapai ratusan, tapi tidak sampai 500 TPS,” jlentrehnya.

Masih menurut Hadi, karena penambahan TPS dan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) maka pihaknya akan melakukan pencermatan ulang kebutuhan biaya. Ada kegiatan-kegiatan yang dalam situasi seperti ini tidak dapat dilakukan, misalnya seminar yang melibatkan banyak orang, dan sosialisasi berbasis budaya yang itu sifatnya mobilisasi massa.

“Anggaran kegiatan itu akan dialihkan. Jadi ini masih kita hitung jumlah pastinya. Kita belum tahu pasti kurang tidaknya biaya. Yang jelas maksimal pada minggu besok kita akan tahu kebutuhannya,” pungkas Hadi. (Eko.B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.