Pasar Bendo Terapkan New Normal Pertama di Trenggalek, Ini Aturannya

0
423 views
Novita Hardini, istri Bupati Trenggalek ketika berbelanja di pasar Bendo, Pogalan, Jumat (5/6)

Trenggalek, Infobanua.co.id – Pasar Bendo,kecamatan Pogalan kini menjadi pasar pertama yang menerapkan aturan pasar new normal di kabupaten Trenggalek.pedagang dan pembeli di pasar ini menerapkan protokol kesehatan ketat ketimbang pasar lain.

Saat baru masuk pasar, pengunjung di test suhu tubuh dan kendaraannya disemprot cairan disinfektan

Di pasar ini, Novita Hardini istri Bupati Trenggalek menyempatkan diri untuk membeli berbagai kebutuhan pangan sehari-hari.tampak dari tas yang dibawa ada ikan, sayur-mayur, bumbu dapur, dan berbagai bahan kebutuhan lainnya.

“Kebetulan kebutuhan bahan makanan yang ada dirumah telah habis. sekaligus saya ingin mengajak ibu-ibu untuk berbelanja langsung ke Pasar Bendo,” kata Novita Hardini,Jumat (5/6/2020).

Novita datang dengan Alat Pelindung Diri (APE) .mulai dari masker, face shield, dan sarung tangan.

Hal sama juga dilakukan para pedagang di pasar Bendo itu ,Ia juga menerapkan aturan yang sama. dengan menggunakan alat-alat pelindung diri seperti yang di pakai Novita Hardini.

Selain itu, ada batas tirai plastik yang menjadi pembatas interaksi antara pedagang dan pembeli.

“Jadi tidak usah takut untuk berbelanja lansung ke pasar, karena kita lihat di sini protokoler kesehatannya sangat baik,” jelas Novita.

Ia mengakui, sempat merasa takut saat hendak berbelanja ke pasar.ancaman penyebaran virus covid-19 menjadi alasannya.

“Tapi setelah melihat, dan saya datang langsung ke sini, keyakinan saya Pasar Bendo ini sangat baik dalam menjaga kenyaman. Jadi saya menjadi percaya diri untuk belanja,” kata Novita.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Trenggalek berencana mejadikan beberapa pasar lain sebagai percobaan menyambut new normal secara bertahap.

Pemkab masih menilik titik-titik pasar yang memungkinkan untuk diatur dengan protokol kesehatan serupa.

“Kami berupaya uji coba pasar new normal dengan melakukan penertiban dan langkah-langkah penerapan protokol kesehatan,” terang Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Agoes Setyono.

Di pasar new normal, instansi itu menyiapkan petugas untuk mengatur pengunjung yang datang.

Pembeli yang tak membawa masker pun diminta untuk kembali. meskipun, pihaknya menyediakan beberapa lembar masker untuk dibagikan di sana.

“Nanti setiap orang yang datang harus disiplin dalam melakukan kebiasaan ini,” jelasnya.

penulis : Sarno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.