Pembangunan di Kabupaten Balangan Melesat dibawah Kepemimpinan Bupati Ansharuddin

0
35 views

PARINGIN – Tidak terasa sudah 4 tahun Kepemimpinan Bupati H Ansharuddin bersama Wabub Balangan H Syaifullah berlangsung. dibawah kepemimpinan mereka Balangan terus memperlihatkan progres pembangunan yang terus meningkat.

Eksistensi pemerintah terlihat jelas menata daerah menuju sejahteranya seluruh Komponen Bumi Sanggam melalui berbagai visi misi Pemerintah Daerah.

Walaupun demikian, juga masih ada beberapa hal yang dalam proses pelaksanaan dan terus digenjot pelaksanaannya.

Keberhasil pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 H Ansharuddin dan H Syaifullah dapat dilihat dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Balangan tahun 2019 lalu.

Dalam laporan kinerja tersebut, pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD 2016-2021 khususnya tahun 2019 yang merupakan tahun keempat pasangan ini berkuasa. Disimpulankan jika 2019 rata-rata pencapaian misi yang tergambar dalam 7 (tujuh) misi adalah sebesar 101,27%.

Ke tujuh misi tersebut yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan. Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.  Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan. Mewujudkan pemanfaatan sumber daya alam (potensi daerah) berdasarkan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan, mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan. Optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah dan mewujudkan kamtibmas dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana yang kondusif.

Lebih jauh, Bupati H Ansharuddin menjelaskan, khusus pada bidang kesehatan, pembangunan di bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan murah.

Dengan tujuan tersebut, menurut Ansharuddin, diharapkan akan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Karena pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan Sumber Daya Manusia. Kesehatan menjadi syarat wajib bagi setiap manusia untuk memulai aktivitas hidupnya, karena manusia yang tidak sehat tidak akan mampu berkiprah secara optimal.

“Kesehatan itu modal, kalau tidak sehat bagaimana bisa hidup normal, dan produktif,” tegasnya. Jum’at (26/6) kemarin.

Selain itu pula, lanjut Anshar, sektor kesehatan ini menjadi pokok utama pihaknya dalam mewujudkan misi pertama yakni, kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan.

Sasaran meningkatnya kualitas kesehatan pada tahun 2019 memiliki rata-rata capaian sebesar 85,58. Dimana capaian tersebut, tergambar dalam program yang dijalankan yakni, pertama termuat dalam Indikator Usia Harapan Hidup (UHP)  terdiri atas program upaya kesehatan masyarakat, program obat dan perbekalan kesehatan, program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dan program pencegahan dan penanggulangan penyakit tidak menular.

Kedua ialah Indikator Angka Kematian Ibu (AKI) terdiri atas program peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak dan program kesehatan keluarga, sedangkan yang ke Tiga Indikator Angka Kematian Bayi (AKB) terdiri atas program peningkatan pelayanan kesehatan anak balita.

Dalam rangka merealisasikan program bidang kesehatan ini, maka  dilaksanakan beberapa program peninjang seperti pelaksanaan kelas ibu hamil, pengadaan dua buah rumah tunggu di wilayah kerja Puskesmas Paringin dan wilayah kerja Puskesmas Tebing Tinggi dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan untuk peristirahatan ibu hamil resiko tinggi.

Penambahan jumlah poskesdes, dengan penambahan 10 buah Poskesdes baru dan 2 (dua) buah penambahan ruang, agar seluruh desa memiliki Poskesdes sehingga kedepannya poskesdes merata di Kabupaten Balangan.

Meski capaian RPJM secara umum sektor pendidikan dan Kesehatan secara khusus dicapai dengan baik, namun menurut Bupati Ansharuddin, selalu saja ada hambatan atau kendala yang dihadapi pihaknya.

“Adapun hambatan yang kita dihadapi selama 4 (tahun) masa RPJMD yang dijalani, akan kita diupayakan solusinya sesuai dengan regulasi dan evaluasi menyeluruh terhadap apa yang sudah dicapai selama ini,’’ bebernya.

Sehingga kata Ansharuddin, arah kebijakan apa yang harus diambil agar visi Kabupaten Balangan ingin mewujudkan masyarakatnya maju dan sejahtera dituangkan kembali dalam program kerja selanjutnya.

“Tentu kedepan tantangan pembangunan Balangan semakin banyak dan berat, namun ini menjadi tugas kita bersama dalam menghadapinya. Ayo kita bersama-sama bahu-membahu membangun Kabupaten Balangan tercinta ini,’’ pungkasnya.

Lapsus Kabupaten Balangan/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.