Perencanaan Program Pembangunan Bupati Balangan Terbaik se Kalsel

0
25 views

Bupati Balangan H Ansharuddin saat mengikuti video conference bersama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, tentang penyampaian penghargaan Pembangunan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. (foto:hms)

PARINGIN –  Jerih payah Pemerintah Kabupaten Balangan dibawah kepemimpinan Bupati H Ansharuddin dan Wakil Bupati Balangan H Syaifullah membuahkan hasil yang cukup memuaskan.

 

Keberhasil pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 H Ansharuddin dan H Syaifullah ini dapat dilihat dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Balangan tahun 2019 lalu.

 

Dalam laporan kinerja tersebut, pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD 2016-2021 khususnya tahun 2019 yang merupakan tahun keempat pasangan ini berkuasa. Disimpulankan jika 2019 rata-rata pencapaian misi yang tergambar dalam 7 (tujuh) misi adalah sebesar 101,27%.

 

Adapun Ke tujuh misi tersebut yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan. Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.  Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan. Mewujudkan pemanfaatan sumber daya alam (potensi daerah) berdasarkan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan, mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan. Optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah dan mewujudkan kamtibmas dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana yang kondusif.

 

Selain dari pada itu, sederet penghargaan juga datang menghampiri. Acap kali Bupati Balangan H Ansharuddin menerima penghargaan baik dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan hingga Pemerintah Pusat bahkan Presiden RI. Tidak hanya itu saja, pihak swasta pun juga mengisi catatan tinta emas sang Bupati karena turut serta memberikan penghargaan kepadanya.

 

Salah satu yang membakan Pemkab Balangan, dan sebagai salah satu prestasi atas capaian kinerjanya menjalankan roda pemerintahan di Bumi Sanggam. Pemerintah Kabupaten Balangan mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Yang mana itu diterima oleh Pemkab Balangan yang disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui video conference bersama wali kota dan seluruh bupati dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Balangan, beberapa waktu kemarin.

 

Pemkab Balangan menerima ini karena sistem perencanaan pembangunan, Kabupaten Balangan mendapat predikat Juara I se-Kalimantan Selatan. Sedangkan Juara II diraih Kabupaten Tanah Laut dan Juara III Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, dalam mendapatkan penghargaan ini, pihaknya sudah menerapkan Aplikasi Perencanaan dan Penganggaran dengan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIMPEPEDA) kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan.

 

Menurut Anshar, indikator makro di Kabupaten Balangan secara keseluruhan, signifikan meningkat setiap tahunnya.

 

“Dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pengangguran dan kemiskinan dapat diturunkan,” jelasnya, Senin (29/6/2020) saat ditemui diruang kerjanya.

 

Kemudian, lanjut orang nomor satu di Balangan ini, sebagai bentuk apresiasi dan tanggung jawab semua pihak terkait mulai dari kepala OPD, Kepala Bagian, Camat berkomitmen untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan merealisasikannya dengan baik.

 

“Apa yang kita raih ini tentu adalah hasil kerjasama yang baik dari semua lini Pemerintahan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya. (lapsus Kabupaten Balangan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.