RSUD Kabupaten Blitar, Minggu Ini Layani Rapid Test dan Swab

0
106 views
Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, dr Endah Woro Utami.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo, Wlingi Kabupaten Blitar, mulai minggu ini membuka pelayanan pemeriksaan rapid test dan swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Meski baru dibuka, namun sudah banyak masyarakat yang melakukan pemeriksaan.

Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, dr Endah Woro Utami mengatakan bahwa, pemeriksaan tergantung orang yang membutuhkan.

Misalnya ingin pergi ke Jakarta, maka harus Swab PCR. Namun kalau ke daerah lain mungkin hanya membutuhkan rapid test saja.

“Minggu ini sudah bisa melayani pemeriksaan dua test . Ini memang sengaja kita publikasikan setelah banyak peminat. Karena banyak orang kembali ke luar kota, kembali bekerja, kembali kuliah. Sehingga semua butuh test itu untuk menyatakan surat keterangan bebas Covid-19,” kata Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, dr Endah Woro Utami, kepada awak media, lewat hand phoe-nya, Sabtu 06-06-2020.

Menurut dr Endah, bahwa pendaftaran pemeriksaan bisa dilakukan secara online. Jika masyarakat membutuhkan surat dari dokter bahwa yang bersangkutan benar-benar tidak terkena covid-19, maka harus rapid test dan disertai rontgen. Karena kalau hanya rapid test tidak bisa menjadi dasar bebas atau tidak dari covid-19. Begitu sudah dirontgen dan dinyatakan normal, maka dokter baru mengeluarkan suratnya.

“Karena meski rapid test negatif, dokter belum berani mengeluarkan surat keterangannya. Tetapi kalau memakai swab, tidak perlu memakai rontgsen, karena swab sudah cukup menjadi dasar bagi dokter untuk mengeluarkan surat bebas covid-19,” jlentrehnya.

Lebih lanjut dr Endah menjelaskan bahwa, alur pemerikasaan untuk surat keterangan covid-19 rapid test, yaitum dimulai dengan pendafratan rawat jalan/SMS gateway/si anoman, kemudian ke klinik covid-19. Diteruskan ke laboratorium rapid test, ke radiologi foto thorax, kembali ke klinik covid-19.

Terakhir penyerahan surat keterangan dan hasil rapid test. Untuk biayanya mencapai Rp.519.ribu.

Sedangkan alur pemerikasaan surat keterangan covid-19 Swab PCR, hanya berbeda tidak dilakukan radiologi foto thorax atau rontgen. Biayanya swab PCR sebesar Rp 1.750.000. (Eko.B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.