SMSI

Dokter Puskesmas Dipecat Warga Demo Kepala Puskesmas Lolobata

Dokter Puskesmas Dipecat Warga Demo Kepala Puskesmas Lolobata

Hamahera Timur – Puluhan warga Kecamatan Wasile Tengah Kabupaten Halmahera Timur menggelar aksi demo di depan Puskesmas Lolobata, Kamis (9/7/2020).

Aksi demo sebagai bentuk protes terhadap pemberhentian Dokter Ruthenora Simanjuntak karena dinilai sepihak dan merugikan masyarakat.

Koordinator aksi M Rian menyampaikan, bahwa pihaknya menolak keras surat pemutusan kontrak dr Ruthenora Simanjuntak sebagai dokter Puskesmas Lolobata dari Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur yang tanpa disertai SK Bupati Halmahera Timur. Karena kontrak kerja dokter di Puskesmas Lolobata dikeluarkan Bupati Kabupaten Halmahera Timur.

Selain itu tambah Rian, kebijakan pemutusan kontrak dokter di tengah pandemi covid-19 ini sangat merugikan dan menyengsarahkan masyarakat sebab dalam pengurusan warga ketika melakukan perjalanan keluar daerah harus membuat SKD di puskesmas Subaim dan itu masyrakat harus bayar biaya administrasi.

Salah seorang orator Wahyudi Kiha saat berorasi menyampaikan bahwa, hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan adalah hak semua warga negara tanpa pandang bulu, dan itu yang kemudian di lakukan oleh dokter Ruthenora Simanjuntak di Kecamatan Wasile Tengah saat melayani pasien-pasianya, Dokter Nora adalah satu satunya dokter yang mampuh menurunkan egonya dalam melakukan pelayanan kesehatan dan itulah alasan masyarakat wasile sangat menyayanginya.

Namun sangat di sayangkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur malah memberikan surat pemutusan kontrak denga Dokter Ruthenora Simanjuntak tanpa memikirkan nasib masyarakat Wasile Tengah, ucap yudi.

Sementara Kepala Puskesmas Lolobata Haruna Jafar menerangkan bahwa, terkait dengan surat pemberitahuan pemutusan kontrak dokter Ruthenora Simanjuntak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur itu bukan kewenangannya. “Sebagai Kepala Puskesmas tapi itu kewenangan Dinas Kesehatan, jadi alangkah bagusnya teman-teman pendemo agar berdemonstrasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur,” katanya.

Yusri

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan