Gugus Tugas Covid-19 Malinau Sosialisasi New Normal di Desa Lunak Manis

129 0

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Malinau aktif melakukan sosialisasi pelaksanaan new normal, salah satu ke Desa Lunak Manis Kecamata Malinau Utara.

Tim yang diketuai H. Iwan secara aktif memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat agar dalam aktivitas kesehariannya tetap mematuhi aturan untuk menangkal covid-19. Senantiasa jaga jarak, menghindari kerumunan, selalu memakai masker dan cuci tangan usai melakukan kegiatan.

Kata Iwan, masih banyak masyarakat belum taat melaksanakan protokol kesehatan. Misalnya, penggunaan masker, sarung tangan dan jaga jarak.

“Kita sudah melakukan sosialisasi pola hidup sehat, aman dan produktif. Fakta di lapangan, saya lihat masih banyak tidak menggunakan masker. Ada juga pedagang yang tidak menggunakan sarung tangan dan tidak jaga jarak,” katanya.

Dia menegaskan bahwa pola hidup sehat, aman dan produktif ini jangan dianggap biasa-biasa saja. Harus ada ketaatan, kesetiaan, kejujuran dan komitmen menjalankan pola tersebut.

Dalam kegiatan sosialisasi tim gugus tugas didampingi Kabag Hukum Pemkab Malinau,  Camat Malinau Utara kegiatannya berjalan lancar.

Bagi warga yang melanggar dan mengabaikan aturan akan sanksi dihukum untuk membersihkan pekarangan kantor atau halaman. Yang lebih unik lagi seseorang yang pergi ke Tanjung Selor minta surat keterangan kesehatan dari RSU/ Puskesmas di bayar sebesar Rp 200 ribu per surat.

Diakui oleh tim gugus, soal SOP masih banyak masyarakat belum mengeti dan tidak melaksanakan baik di lingkungan keluarga maupun diluar keluarga.

penulis: Philipus

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *