SMSI

Dokumen Kependudukan di Kota Blitar, Bisa Dilakukan Mandiri

Dokumen Kependudukan di Kota Blitar, Bisa Dilakukan Mandiri

Blitar, Infobanua.co.id – Pemeritah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar, untuk mengurangi pertemuan di masa pandemi virus covid-19, pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan mandiri dengan menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar, Imam Muslim mengatakan bahwa, untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan di masa pandemi covid-19 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Bitar memberlakukan kebijakan baru, pencetakan dokumen bisa dilakukan secara mandiri menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4 yang sebelumnya menggunakan kertas khusus berupa kertas security.

“Perubahan pencetakan administrasi kependudukan ini sesuai Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan, kata Plt Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Imam Muslim, Senin 13-07-2020.

Menurut Imam, selain masyarakat diminta menyertakan email dan nomor handphone, agar petugas lebih mudah melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Layanan menggunakan kertas HVS ini berlaku bagi pengajuan segala dokumen kependudukan, kecuali KTP-el dan KIA, sebab ini menggunakan blanko khusus,” jlentrehnya.

Sementara untuk keaslian dokumen kependudukan, pihaknya memastikan aman dan resmi, meskipun dicetak masyarakat sendiri karena tidak ada tanda tangan basah melainkan menggunakan barcode sehingga sulit dipalsukan.

Selanjutnya Imam mengimbau, agar masyarakat untuk tidak terkejut dengan adanya perubahan ini, mengingat masa pandemi Corona Virus Disease-19 atau covid-19, membatasi ruang gerak masyarakat.

“Perubahan pencetakan ini sudah dilakukan sejak tanggal 01 Juli 2020. Saat ini Dispendukcapil Kota Blitar, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (Eko.B).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan