SMSI

Lakukan Supervisi dan Monitoring Bawaslu RI Berkunjung ke Bawaslu Malinau

Lakukan Supervisi dan Monitoring Bawaslu RI Berkunjung ke Bawaslu Malinau

MALINAU – Dalam rangka kesiapan Pilkada 2020 Ketua Bawaslu RI secara virtual meeting melakuka supervisi dan monitoring dengan spengawas pemilu di Kabupaten Malinau , di Aula Dharma Wanita Kabupaten Malinau ,Sabtu (11/7/2020).

Menurut Bawaslu RI pihaknya ingin memastikan kesiapan Bawaslu Malinau pada pilkada nanti agar bisa menjaga kualitas pengawasan termasuk penanganan pelanggaran kasus pemilu .

“Kami minta hajatan politik pilkada harus didukung semua pihak untuk ikut membantu mengawasi. Termasuk peran media diminta akfit mengawasi pilkada dan apabila ada politik uang dan pelanggaran untuk segera melaporkan ke pengawas pilkada untuk diberi sanksi sesuai aturan yang ada,” katanya.

Kunjungan kerja turut didampingi Anggota Bawaslu Kaltara dan staf tersebut, dilakukan dalam rangka supervisi sosialisasi Perbawaslu Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tatacara Penyelesaian Sengketa Pemilihan.

Selain mensosialisasikan Perbawaslu Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tatacara Penyelesaian Sengketa Pemilihan, kunjungan kerja tersebut juga dalam rangka inventarisir persiapan sarana prasarana penyelesaian sengketa Pilkada tahun 2020 di jajaran Bawaslu Kabupaten Malinau.

Selain menjelaskan secara rinci dan setail terkait aturan serta mekanisme penanganan penyelesaian sengketa pemilihan sebagaimana diatur dalam Perbawaslu Nomor 2 Tahun 2020, Bawaslu RI berharap kepada Bawaslu Malinau agar dalam menyelesaikan sengketa pemilihan apabila ditemukan nanti, hendaknya dapat melakukan upaya-upaya pencegahan serta mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi, termasuk dalam hal mengoptimalkan penyelesaian sengketa melalui mediasi.

“Nah, setelah ini kita berharap kepada Bawaslu untuk dapat memberikan sosialisasi kepada peserta pemilihan, yakni terkait mekanisme maupun proses dalam penyelesaian sengketa,” harapnya.

Penulis : Philipus Aco

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan